Piala Dunia 2022

Menang Tipis 2-1, Senegal Lolos ke Babak 16 Besar Menemani Belanda

Pertandingan hidup-mati tersaji mempertemukan Ekuador melawan Senegal di Piala Dunia 2022. Senegal menjadi wakil kedua yang lolos dari Grup A menemani Belanda

Menang Tipis 2-1, Senegal Lolos Ke Babak 16 Besar Menemani Belanda (Foto: dok. The New York Times)

apahabar.com, JAKARTA - Pertandingan hidup-mati tersaji pada lanjutan Grup A yang mempertemukan Ekuador melawan Senegal di Piala Dunia 2022. Senegal sukses menjadi negara kedua yang berhasil lolos menemani Belanda sebagai wakil dari Grup A.

Bermain di Khalifa International Stadium pada Senin (29/11), kemenangan menjadi prioritas bagi kedua tim untuk tetap melanjutkan mimpinya bermain di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Jalan Pertandingan Babak Pertama

Kesempatan datang untuk Senegal pada awal babak pertama di menit ke-3 melalui Idrissa Gueye. Memanfaatkan umpan Ismail Jakobs yang berhasil melewati Angelo Preciado, tendangan first time Gueye masih melebar dari gawang Ekuador.

Senegal memulai pertandingan dengan sangat baik, pada menit ke-9 kali ini melalui Boulaye Dia. Berawal dari intercept Youssouf Sabaly, tendangan dari pemain bernomor punggung 9 itu masih belum menemui sasaran.

Baca Juga: Preview dan Link Live Streaming Ekuador Vs Senegal: Laga Krusial Demi 16 Besar

Selang 4 menit, Gawang La Tri (julukan Ekuador) kembali terancam. Kali ini berawal dari pergerakan Iliman Ndiaye dari sisi kanan yang berhasil melewati Pervis Estupinan, tapi tendangannya masih belum membuahkan gol.

Terus menggempur, Singa dari Teranga (julukan Senegal) gagal menembus pertahanan kokoh Ekuador. Anak asuh Gustavo Julio Alfaro berhasil bermain dengan disiplin sehingga skor masih bertahan 0-0.

Mendekati akhir babak pertama, Senegal mendapatkan hadiah penalti di menit ke-42 setelah Piero Hincapie melanggar Ismaila Sarr di kotak terlarang. Wasit tanpa ragu menunjuk titik putih untuk Senegal.

Tampil sebagai algojo, Sarr dengan tenang berhasil menyarangkan si kulit bundar ke sisi kanan bawah dan mengalahkan Hernan Ismael Galindez. Menjelang turun minum Senegal unggul 0-1.

Baca Juga: Golnya Diakui Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes: Gak Penting!

Babak Kedua

Pertandingan berjalan semakin seru di babak kedua. Ekuador memulai babak kedua dengan melakukan pergantian, memasukan Jose Cifuentes dan Jeremy Sarmiento menggantikan Carlos Gruezo dan Alan Franco pada menit ke-46.

Menyadari ini merupakan kesempatan terakhir mereka di Piala Dunia kali ini, Ekuador berhasil menciptakan peluang pada menit ke-58, Michael Estrada membuka peluang pertama Ekuador namun tendangannya masih melebar.

Ekuador kembali menambah pemain penyerang mereka dengan memasukan Djorkaeff Neicer Reascos Gonzalez menggantikan Michael Estrada di menit ke-64.

Pertandingan semakin memanas ketika Ekuador berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-67. Memanfaatkan umpan matang dari Gonzalo Plata, Felix Torres berhasil menyundul bola sebelum akhirnya diselesaikan oleh Moisés Caicedo yang berdiri tanpa penjagaan.

Baca Juga: Matchday Kedua Fase Grup Usai, Tiga Negara Pastikan Tiket 16 Besar Piala Dunia 2022

Pada menit ke-70, Senegal kembali unggul melalui tendangan voli dari Kalidou Koulibaly yang berawal dari free kick Idrissa Gueye. Skor kembali menjadi 2-1 untuk Boulaye Dia cs.

Dengan hasil ini, Senegal menjadi wakil kedua dari Grup A menemani Belanda yang sudah terlebih dulu lolos setelah mengalahkan Qatar 2-0.

Line Up Pemain

Ekuador : Hernan Ismael Galindez, Angelo Preciado, Felix Torres, Piero Hincapie, Pervis Estupinan, Alan Franco, Carlos Gruezo, Moisés Caicedo, Gonzalo Plata, Michael Estrada, dan Enner Valencia.

Senegal : Edouard Mendy, Ismail Jakobs, Abdou Diallo, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly, Pape Alassane Gueye, Pathe Ciss, Ismaila Sarr, Idrissa Gueye, Iliman Ndiaye, dan Boulaye Dia.

Informasi lengkap seputar Piala Dunia 2022 bisa diakses di sini