Piala Dunia 2022

Menang 3-1 dari Amerika Serikat, Belanda Menuju ke Perempat Final

Langkah tim nasional Amerika Serikat harus terhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2022, setelah menelan kekalahan dengan skor 3-1 dari Belanda.

Striker Belanda, Memphis Depay melakukan selebrasi khasnya usai mencetak gol pertama di laga Belanda vs Amerika Serikat. Belanda menang dengan skor 3-1. (Foto: Twitter @OnsOranje)

apahabar.com, JAKARTA - Langkah tim nasional Amerika Serikat harus terhenti di babak 16 besarPiala Dunia 2022, setelah menelan kekalahan dengan skor 3-1 dari Belanda.

Tiga gol pasukan De Oranje Belanda dicetak oleh Memphis Depay (10), Daley Blind (46), dan Denzel Dumfries (81).

Sementara satu gol tim nasional AS dicetak oleh pemain pengganti Haji Wright pada menit 76.

Dengan hasil ini, Belanda berhasil melaju ke perempat final, dan akan menghadapi pemenang dari partai kedua babak 16 besar antara Argentina vs Australia yang akan berlangsung Minggu (4/12) dinihari nanti, pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: Belanda Unggul Sementara dari Amerika Dengan Skor 2-0 di Babak Pertama

Jalannya Pertandingan

Sempat menguasai jalannya laga di menit awal, Amerika Serikat justru tertinggal lebih dulu pada menit ke-10.

Striker bernomor punggung 10, Memphis Depay membuka skor bagi Belanda, setelah berhasil mengonversi umpan tarik Dumfries, Belanda memimpin dengan skor 1-0.

Kedua negara kemudian saling serang di pertengahan babak pertama. Amerika Serikat yang mendominasi jalannya laga, belum bisa menjebol gawang Belanda hingga babak pertama memasuki 5 menit terakhir.

Asik menyerang, penjaga gawang AS, Matthew Turner justru harus memungut bola untuk yang kedua kalinya di menit 46.

Baca Juga: Jelang Laga Argentina Vs Australia: Lionel Messi Lakoni 1000 Laga, Harry Soutar Fokus Untuk Menang

Kali ini Daley Blind yang berhasil memanfaatkan umpan serupa dari Dumfries, untuk menambah defisit gol bagi De Oranje.

Skor 2-0 dengan keunggulan bagi Belanda menutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak kedua, Amerika Serikat yang tertinggal dua gol mencoba menambah intentsitas tekanan ke lini pertahana Belanda.

The Yanks hampir memperkecil ketinggalan pada menit 51, namun Timothy Ream gagal memanfaat kemelut di mulut gawang Belanda yang dikawal Andries Noppert.

Baca Juga: Preview Belanda Vs Amerika Serikat: Louis Van Gaal Bersiap, Gregg Berhalter Punya Rahasia

Semenit berselang, kiper AS Turner melakukan penyelamatan gemilang untuk menjaga gawangnya dari kebobolan untuk yang ketiga kali.

Turner menunjukkan respon cepat saat bek AS, Walker Zimmerman hampir melakukan gol bunuh diri.

Matthew Turner kembali menunjukkan penampilan apiknya pada menit 61. Turner berhasil menepis sepakan keras Memphis Depay dari luar kotak penalti, dan menyelamatkan negaranya tertinggal lebih jauh.

Aksi gemilang Turner berlanjut 10 menit berselang. Kali ini Turner menggagalkan dua peluang yang dimiliki Belanda melalui tendangan

Baca Juga: Baru Bergabung di TC Bali, Jordi Amat Sudah Bisa Rasakan Kemenangan

Anak asuh Gregg Berhalner akhirnya berhasil memperkecil ketinggalan saat laga memasuki menit 76.

Melalui striker pengganti Haji Wright, tim nasional Amerika Serikat mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-1, setelah dirinya berhasil mengonversi umpan Christian Pulisic menjadi gol ke gawang Andries Noppert.

Belanda kembali memperbesar jarak dari AS menjadi 3-1 pada menit 81. Pencetak dua assist di gol sebelumnya, Denzel Dumfries kali ini mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil meneruskan umpan Daley Blind.

Hingga laga usai, tidak ada gol tercipta dari kedua negara. Belanda menyudahi perjalanan Amerika Serikat di babak 16 besar dengan keunggulan akhir 3-1.