Kalteng

Memprihatinkan, Rumah Singgah Penyandang Disabilitas Jiwa di Kapuas Segera Direhab

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Bangunan rumah singgah tempat penitipan penyandang disabilitas jiwa di Kabupaten Kapuas, Kalteng,…

Bangunan rumah singgah tempat penitipan penyandang disabilitas jiwa di Kabupaten Kapuas, Kalteng, yang akan segera direhab total tahun ini. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Bangunan rumah singgah tempat penitipan penyandang disabilitas jiwa di Kabupaten Kapuas, Kalteng, segera direhab total tahun ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, pihaknya tahun ini telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk rehab total rumah singgah Harapan Sejahtera tersebut.

“Sudah kita siapkan anggarannya dari APBD 2022 untuk pembangunan rehab total rumah singgah yang berlokasi di Kecamatan Basarang,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (11/1) sore.

Budi bilang kondisi bangunan rumah singgah tersebut saat ini memang sudah tidak layak lagi karena banyak mengalami kerusakan.

“Oleh sebab itu pada tahun ini kita perbaiki total bangunannya. Sehingga menjadi fasilitas yang layak untuk ditempati penyandang disabilitas jiwa,” ujarnya.

Dijelaskan Budi bahwa penyandang disabilitas jiwa yang dititipkan di rumah singgah adalah mereka yang secara ekonomi terlantar dan tidak ada sanak keluarga yang mengurusnya.

“Sehingga mereka menjadi tanggungjawab pemerintah dan tanggungjawab negara untuk memberikan pelayanan kepada mereka,” ucapnya.

Selain itu penyandang disabilitas jiwa yang menempati rumah singgah adalah mereka yang baru selesai menjalani proses rehabilitasi dari rumah sakit Kalawatei Palangka Raya.

“Termasuk dari rumah sakit jiwa Sambang Lihum Banjarmasin dan rumah sakit jiwa lainnya. Jadi, sementara menunggu proses pemulangan atau reunifikasi keluarga, maka mereka dititipkan di rumah singgah ini,” pungkas Budi.