Tak Berkategori

Masjidil Haram Dibersihkan 4 Kali Sehari di Musim Haji

apahabar.com, MAKKAH – Masjidil Haram dipenuhi jutaan umat Islam di musim haji. Untuk itu, pihak pengelola…

Petugas kebersihan sedang membersihkan lantai di halaman Masjid al-Haram. Foto-Republika.co.id

apahabar.com, MAKKAH - Masjidil Haram dipenuhi jutaan umat Islam di musim haji. Untuk itu, pihak pengelola sangat memperhatikan kebersihan masjid tersebut.

Menjaga kebersihan masjid merupakan hal yang sangat penting agar jemaah tetap nyaman beribadah. Namun, membersihkan dan membuat aroma Masjid al-Haram tetap harum bukanlah hal mudah. Selama musim haji, Masjid al-Haram serta halamannya dibersihkan 4 kali dalam sehari.

Baca Juga: Kenang Jasa Pahlawan, Guru Zuhdi Ajak Jemaah Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

Dilansir dari ihram.co.id yang menguti dari Arab News pada Jumat (16/8), pemerintah Arab Saudi berkomitmen menjaga kebersihan masjid dengan mengerahkan lebih dari 4.000 pekerja. Mereka bekerja sepanjang waktu menyediakan tempat yang nyaman dan bersih bagi jemaah dalam beribadah.

Sementara itu, lebih dari 3.000 liter produk pembersih dan 600 liter air mawar digunakan setiap hari. Selain itu, ada lebih dari 4.800 alat dan mesin yang juga digunakan membersihkan masjid.

Pada pelaksanaan haji tahun ini, jumlah jemaah yang datang ke Tanah Suci mencapai 2.489.406. Dari jumlah tersebut, 1.855.027 jemaah berasal dari luar Kerajaan dan 634.379 berasal dari dalam negeri Saudi.

Baca Juga: PCNU Banjar Potong Puluhan Hewan Kurban, Panitia: Ini yang Terbanyak

Sumber: Ihram.co.id
Editor: Muhammad Bulkini