Kalsel

Masih Pandemi, Wisata Siring Pierre Tendean Mau Dibuka Lagi?

apahabar.com, BANJARMASIN – Wisata Siring Pierre Tendean, Kota Banjarmasin ramai dikabarkan buka kembali. Terlebih Dinas Kebudayaan…

Kawasan objek wisata siring Pierre Tendean mau dibuke kembali sekalipun situasi masih pandemi Covid-19. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Wisata Siring Pierre Tendean, Kota Banjarmasin ramai dikabarkan buka kembali.

Terlebih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjarmasin sudah berencana meminta restu operasional ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 setempat.

“Untuk koordinasi resminya memang belum, mungkin dalam waktu dekat ini, sementara baru koordinasi lisan saja,” ujar Kepala Disbudpar Banjarmasin Ehsan Al Haq kepada apahabar.com, Sabtu (21/11).

Ehsan bilang rencana pembukaan wisata Siring Pierre Tendean dipastikan akan melibatkan Unit Pelaksana Teknis Siring dan GTPP Covid-19 Banjarmasin.

Tugas mereka dalam hal pengawasan protokol kesehatan mengingat situasi pandemi Covid-19.

Pengawasan protokol kesehatan menjadi penting supaya Wisata Siring Pierre Tendean tidak menjadi episentrum penyebaran Covid-19.

“Supaya nanti ketika dibuka, kawasan wisata aman dari penyebaran Covid-19,” katanya.

Ehsan berharap dioperasikannya lagi sejumlah fasilitas menjadikan kawasan Siring Pierre Tendean sebagai objek utama tujuan wisatawan ke Banjarmasin.

Terlebih efek domino pembukaan wisata ke roda perekonomian Banjarmasin yang terhenti sejak Wisata Pierre Tendean ditutup pertengahan Juli 2020 lalu.

“Semoga dengan dibukanya kembali kawasan Siring, bisa meningkatkan aktivitas ekonomi di sana, karena banyak yang berkunjung,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Banjarmasin mencapai 3.605 pasien. 106 di antaranya merupakan kasus aktif, dengan total keseluruhan pasien sembuh 3.257 orang dan 170 meninggal dunia.