Malam Ini TV Analog Dimatikan, Penjualan STB di Pasar Banjarmasin Masih Sepi

Penghentian siaran televisi analog atau Analog Swich Off (ASO) di Kalsel akan dilakukan malam ini, Senin (20/3) pukul 24.00 WITA.

Penghentian siaran televisi analog atau Analog Swich Off (ASO) di Kalsel dijadwalkan pukul 24.00 Wita, Senin (20/3/2023). Foto-apahabar/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN - Penghentian siaran televisi analog atau Analog Swich Off (ASO) di Kalsel akan dilakukan malam ini, Senin (20/3) pukul 24.00 WITA.

Meski begitu ternyata penghentian siaran analog tidak memberikan dampak besar bagi penjualan Set Top Box (STB), alat untuk menangkap siaran digital.

Berdasarkan pantauan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kalsel di Pasar Cempaka Banjarmasin hari ini, tak ada lonjakan berarti pada penjualan STB.

“Seminggu itu di bawah 10 penjualannya,” ujar Wakil Ketua KPID Kalsel, Analisa.

Baca Juga: Ingat! Hari Ini TV Analog di Banjarmasin Mulai Dihentikan

Dia mengungkapkan sebenarnya masyarakat telah membeli perangkat STB mulai November 2022 lalu. Hal itu membuat penjualan STB di pasaran tak terlalu melonjak.

Dalam pemantauan di lapangan, STB dibanderol dengan harga Rp175 ribu hingga Rp 250 ribu, tergantung merek. 

“Apa yang bisa dibeli dan tergantung kebutuhan dan finansial masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung, Ini 2 Cara Mudah Beralih dari TV Analog ke Digital

Salah satu alasan pemerintah memberhentikan siaran TV analog karena rentan terhadap gangguan yang biasanya menyebabkan gambar di televisi ada 'semutnya'. Apalagi jika cuaca sedang buruk.