Malam ini, Haul Guru Cantung ke-19 Dibanjiri Ribuan Jemaah

Jemaah peringatan haul KH Achmad Dahlan bin Muhammad Abbas atau Guru Cantung dibanjiri ribuan jemaah, Kamis (20/10) malam.

Oleh Masduki
Haul Guru Cantung ke-19 di Kotabaru dibanjiri jemaah. Foto-apahabar/Masduki

apahabar.com, KOTABARU - Peringatan haul KH Achmad Dahlan bin Muhammad Abbas atau akrab disapa Guru Cantung dibanjiri ribuan jemaah, Kamis (20/10) malam.

Pecinta Abah Guru Cantung berbondong-bondong datang dari berbagai kecamatan di Kotabaru. Bahkan juga ada yang datang dari luar daerah. Ulama, tokoh masyarakat, hingga pejabat ikut membaur dalam peringatan haul yang ke-19.

Sejak sore hingga rangkaian haul dimulai, jemaah memadati kubah Guru Cantung di kawasan Laladang Musafir di RT 07, Desa Sungai Kupang Kelumpang Hulu Kotabaru.

Di sepanjang jalan menuju kubah, tampak pula relawan yang berjaga sekaligus mengatur arus lalulintas. Tak sedikit pula warga yang menyediakan beragam konsumsi gratis untuk jemaah haul.

Selain itu, banyak juga warga yang membuka pintu rumahnya untuk para jemaah mengikuti rangkaian peringatan haul.

"Luar biasa banyak jemaahnya. Sejak sore hingga haul dimulai jemaah juga terus berdatangan," ujar Syamsudin, kepada apahabar.com, Kamis malam.

Sebelumnya, sang cucu Guru Cantung, Hj Halimah, mengeluarkan surat pengumuman bahwa peringatan Haul Guru Cantung tahun ini dilaksanakan pada hari Kamis (malam Jumat) 20 Oktober 2022.