kesehatan kuku

Lunula pada Kuku, Ternyata Ini Fungsi Pentingnya

Lunula adalah bagian dari matriks yang mengacu pada jaringan bawah kuku. Ia berbentuk setengah bulan di pangkal kuku. Ia bisa jadi petunjuk kesehatan seseorang.

Lunula adalah matriks kuku yang berfungsi membentuk kuku.

apahabar.com, JAKARTA – Lunula adalah bagian dari matriks yang mengacu pada jaringan bawah kuku. Ia berbentuk setengah bulan di pangkal kuku. Ia bisa jadi petunjuk kesehatan seseorang.

Lunula berisi saraf, getah bening, dan pembuluh darah yang dapat menghasilkan sel-sel membentuk lempeng kuku.

Setiap orang mempunyai matriks kuku namun tidak semua orang dapat atau memiliki lunula pada setiap kukunya. Lunula berada di bawah kuku, biasanya paling terlihat pada ibu jari.

Melansir Medical News Today, lunula dapat memberikan petunjung tentang kesehatan seseorang. Orang yang sehat biasanya memiliki lunula berwarna keputihan.

Warna lunula yang tidak normal dapat disebabkan karena beberapa hal. Apabila terlihat lunula berwarna biru pucat kemungkinan tanda diabetes yang tidak terdiagnosis atau tidak terkontrol.

Mengonsumsi fluorida yang berlebihan juga dapat mengubah lunula menjadi coklat atau hitam. Lunula berwarna biru keabu-abuan kemungkinan tanda mengidap Argyria atau keracunan perak.

Menurut Medical News Today, ada beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan lunula mengilang atau kurang terlihat, yaitu:

Malnutrisi

Malnutrisi akibat pola makan yang ekstrem akan mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap nutrisi. Gangguan makan tersebut dapat mempengaruhi perubahan pada kuku.

Vitiligo

Ini adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kulit kehilangan warna. Vitiligo terjadi ketika tubuh menyerang melanosit, yaitu sel yang memberi warna pada kulit.

Anemia

Anemia terjadi ketika sel darah merah yang membawa hemogoblin kaya zat besi tidak bekerja dengan benar, atau ketika tubuh tidak memproduksi sel darah merah yang cukup. Anemia dapat menyebabkan kekurangan oksigen termasuk membuat lunula tidak terlihat.

Gagal ginjal

Orang yang menjalani cuci darah karena gagal ginjal seringkali tidak memiliki lunula pada kukunya.

Apabila tidak memiliki lunula tetapi tidak mengidap penyakit apapun tidak perlu khawatir, karena terkadang lunula tidak terlihat. Namun lebih baik konsultasi ke dokter karena terkadang hilangnya lunula merupakan tanda peringatan dini akan kondisi tertentu.