Sepak Bola Internasional

Luciano Spalletti Jadi Nahkoda Baru Timnas Italia Gantikan Mancini

Tim nasional Italia resmi memiliki nahkoda baru. Mantan pelatih Napoli, Luciano Spalleti kini bersedia menahkodai tim berjuluk Gli Azzuri itu.

Luciano Spalletti resmi menahkodai timnas Italia (Foto: Sky Sport)

apahabar.com, JAKARTA –Tim nasional Italia resmi memiliki nahkoda baru. Mantan pelatih Napoli, Luciano Spalletti kini bersedia menahkodai tim berjuluk Gli Azzuri itu.

Adapun, Luciano Spalletti menggantikan peran dari Roberto Mancini yang sebelumnya memutuskan untuk meninggalkan kursi kepelatihan tim nasional Italia.

Kini, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) telah resmi memperkenalkan Luciano Spalleti sebagai nahkoda baru timnas berjuluk Gli Azzuri tersebut.

“Tim nasional membutuhkan pelatih hebat dan saya sangat senang dia (Luciano Spalletti) menerimanya,” ujar Presiden FIGC Gabriele Gravina dikutip dari laman resmi federasi, Sabtu (19/8).

Baca Juga: Roberto Mancini Resmi Mundur Sebagai Pelatih Timnas Italia

“Antusiasme dan keahliannya (Spalletti) akan menjadi dasar untuk tantangan yang menanti Italia dalam beberapa bulan mendatang,” sambungnya.

Kendati telah resmi diumumkan, Spalleti barukan mulai memimpin Gli Azzuri pada 1 September mendatang.

Seperti di ketahui sebelumnya, pelatih berusia 64 tahun itu memutuskan untuk mundur sebagai nahkoda Napoli usai mengantarkan tim kota asal Naples tersebut meraih gelar juara Serie A musim 2022/2023.

Selepas meraih gelar juara Serie A bersama Napoli, Spalletti rehat sejenak dari dunia sepak bola selama setahun. Ia lantas kembali mengambil peran sebagai pelatih seusai dikaitkan dengan timnas Italia.

Baca Juga: Liverpool Resmikan Wataru Endo sebagai Pemain Baru

Spalleti mengganti Roberto Mancini yang mundur dari kursi panas pelatih Italia pada 13 Agustus lalu karena alasan pribadi usai menahkodai Gli Azzuri selama lima tahun.

Selama ditangan dingin Mancini, Timnas Italia mampu meraih gelar juara pada gelaran Euro 2020. Namun, gagal mengantarkan Italia berlaga di Piala Dunia Qatar 2022 lalu.

Kini Spalleti mempunyai tantangan besar untuk membawa Gli Azzuri mempertahankan gelar juara Europa yang akan berlangsung di Jerman pada tahun depan.