Lowongan Kerja di DPRD Barito Kuala, Dicari 5 Tim Ahli

Dalam upaya mendongkrak kinerja, DPRD Barito Kuala (Batola) membuka pendaftaran perekrutan tim ahli dari berbagai latar komptensi.

DPRD membuka lowongan kerja untuk tim yang ahli pemerintahan, ekonomi dan hukum. Foto: Dokumen

apahabar.com, MARABAHAN - Dalam upaya mendongkrak kinerja, DPRD Barito Kuala (Batola) membuka pendaftaran perekrutan tim ahli dari berbagai latar komptensi.

Total 5 orang yang dicari dengan rincian seorang ahli bidang pemerintahan, serta masing-masing 2 ahli ekonomi dan hukum.

"Pendaftaran sudah dibuka sejak 24 Januari dan berakhir 21 Januari 2023," papar Sekretaris DPRD Batola, Haris Isroyani, Rabu (25/1).

Persyaratan administrasi yang diminta di antaranya surat lamaran bermeterai, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah dan transkrip nilai terakhir, serta surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.

"Berkas pendaftaran dapat diantar langsung ke Sekretariat DPRD Batola, atau melalui email dprdbatola@gmail.com," imbuh Haris.

Persyaratan umum rekrutmen ini memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1, memiliki kompetensi teknis, memahami fungsi, tugas dan kewenangan DPRD, serta berpengalaman di bidang masing-masing.

Adapun seleksi dilakukan dalam dua tahap. Untuk seleksi administrasi, dilakukan 1 Februari 2023 oleh LPPM Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Berikutnya seleksi kompetensi dijadwalkan 9 Februari 2022. Seleksi ini berupa tes tertulis dan wawancara, juga dilaksanakan oleh LPPM ULM.

Selanjutnya hasil uji kompetensi diumumkan 13 Februari 2023. Dikabarkan memperoleh gaji sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP), para tim ahli ini resmi menerima surat pengangkatan sejak 20 Februari 2023.

Sesuai dengan fungsi, tugas tim ahli tersebut antara lain membuat pandangan umum atas raperda, serta memberikan pertimbangan dalam merumuskan program kerja dan kegiatan DPRD.

Kemudian menguasai terhadap isu-isu strategis di Batola dalam aspek analisis ekonomi, menguasai bidang hukum ketatanegaraan, bidang administrasi negara dan keuangan negara/daerah.