Longsor di Paran Balangan Semakin Parah, PUPR Kalsel Akan Turunkan Tim

Jalan provinsi yang longsor di Desa Paran, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan semakin parah.

Warga gotong royong membantu pengguna jalan melintasi longsor di Desa Paran, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kamis (2/2). Foto-apahabar.com/Hendry

apahabar.com, PARINGIN - Longsor di jalan provinsi Desa Paran, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan kondisinya semakin parah.

Jalan longsor tersebut terjadi sejak September 2022 lalu, kini keretakan bukan hanya di bagian pinggir saja namun sudah melebar ke bagian badan jalan.

Kabid Bina Marga PUPR Kalsel, M Yasin Toyib mengatakan pihaknya sudah menganggarkan perbaikan jalan tersebut pada 2023 ini.

"Besok tim kita akan turun ke lokasi longsor di Desa Paran, Kabupaten Balangan bersama konsultan untuk merencanakan bagaimana penanganan perbaikan jalan tersebut," ucap M Yasin saat dihubungi apahabar.com via WhatsApp, Kamis (2/2).

Ia menambahkan, setelah ada hasil dari tim konsultan yang turun ke lokasi perbaikan sementara akan segera pihaknya laksanakan.

Baca di halaman selanjutnya...

Sementara itu, Kepala Desa Paran Mahri, mengatakan jalan longsor dan retak di bagian tengah karena terjadi hujan yang berkepanjangan sejak kemarin.

"Subuh tadi jalan terturun dan retak, warga saat ini membantu sepeda motor dan mobil untuk melintas karena kondisi jalan sangat rusak," ujarnya.

Mahri menerangkankan jalan ini merupakan jalan utama milik Provinsi Kalsel untuk melintas dari dua kecamatan, yaitu Juai dan Halong.

"Sebelumnya telah dilakukan pengecekan oleh Pemerintah Provinsi, untuk mengukur kedalaman tanah," terangnya.

Lanjutnya menerangkan dengan kondisi jalan yang semakin parah saat ini, sementara warga gotong royong melakukan perbaikan.