Lima Sekolah di Kabupaten Banjar Dapat Penghargaan Adiwiyata Nasional 2024

Lima sekolah di Kabupaten Banjar meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Lima sekolah di Kabupaten Banjar menerima Penghargaan Adiwiyata Nasional 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu (2/10/2024). foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Lima sekolah di Banjar meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kelima sekolah tersebut adalah MAN 3 Banjar, SDN Sungai Tabuk Kota 1, SMPN 2 Sambung Makmur, SMPN 2 Sungai Tabuk, dan SMPN 7 Karang Intan.

Penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional 2024 diserahkan Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, di Jakarta, Rabu (2/10).

Dalam kesempatan itu, Alue Dohong menjelaskan jumlah penerima penghargaan Adiwiyata Nasional meningkat sebesar 30,43 persen. Dari sebelumnya 552 sekolah  menjadi 720 sekolah.

720 sekolah tersebut terdiri atas 208 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dari 22 provinsi, serta 512 sekolah penerima Adiwiyata Nasional dari 31 provinsi.

“Peningkatan ini artinya semakin banyak sekolah yang menerapkan praktik dan perilaku ramah lingkungan di sekolah,” papar Alue.

Dengan capaian dalam hal peningkatan kualitas lingkungan, diharapkan dapat menjadi dasar percepatan Indonesia untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, mempersiapkan bangsa menuju Indonesia Emas 2045, serta karbon netral 2060 atau lebih cepat.

"Selanjutnya akan dilakukan pengembangan agar lebih banyak lagi sekolah tingkat SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai SMA atau Madrasah Aliyah (MA) dan sederajat yang menerapkan dan membuat inovasi pendukung Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS)," tutup Alue.