Legislator DPRD Palangka Raya Minta Dinas Kesehatan Gencarkan Peringatan Dini Cacar Monyet

Diperlukan langkah cepat dari pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan, untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat agar pencegahan lebih efektif.

Dok: Solopos

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Merebaknya penyakit monkeypox atau cacar monyet di sejumlah daerah menjadi perhatian legislator DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo. Dia mengingatkan masyarakat untuk waspada. Selain itu, diperlukan langkah cepat dari pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan, untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat agar pencegahan lebih efektif.

“Dinas Kesehatan harus segera memberikan imbauan terkait bagaimana cara mencegah cacar monyet. Early warning sangat diperlukan agar masyarakat bisa waspada lebih awal,” ujar Sigit di Palangka Raaya, Sabtu (7/9/2024).

Ia menegaskan perlunya panduan yang jelas mengenai prosedur penanganan bagi masyarakat yang terinfeksi penyakit akibat virus monkeypox ini

Sigit juga meminta agar fasilitas kesehatan yang siap menangani kasus cacar monyet dipublikasikan agar masyarakat tahu ke mana harus mencari pertolongan.

“Pemerintah perlu memperjelas bagaimana prosedur penyembuhannya, seperti treatment yang harus dilakukan, dan fasilitas kesehatan mana saja yang siap menangani kasus ini. Masyarakat tidak boleh dibiarkan bingung,” tegasnya, sebagailana dilansir prokalteng.co.

Selain peran pemerintah, Sigit menyoroti pentingnya pemanfaatan media sosial dan platform digital untuk menyebarluaskan informasi terkait pencegahan dan penanganan cacar monyet.

Menurutnya, media sosial yang mudah diakses dapat menjadi sarana efektif untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Media sosial dan platform digital harus dimanfaatkan untuk edukasi. Jangan sampai informasi yang salah atau hoaks menyebar di masyarakat,” tambahnya.

Sigit juga menggarisbawahi pentingnya pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan sebagai upaya pencegahan cacar monyet serta penyakit lainnya.

Ia berharap masyarakat bisa lebih memperhatikan kesehatan diri dan keluarga, terutama dalam mengedukasi anak-anak di sekolah agar menjaga kebersihan.

“Intinya, kita harus mengantisipasi dengan hidup sehat dan menjaga kebersihan. Edukasi bagi anak-anak di sekolah juga penting agar mereka tidak sembarangan dalam beraktivitas, sehingga berbagai macam penyakit bisa dihindari,” demikian Sigit.