Politik

Lawan Gizi Buruk, SHM-MAR Janjikan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Tanbu

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu nomor urut 1 Syafruddin H…

Gizi buruk jadi konsern pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu nomor urut 1 Syafruddin H Maming-Muhammad Alpiya Rakhman. apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu nomor urut 1 Syafruddin H Maming – Muhammad Alpiya Rakhman (SHM-MAR) optimis mengurangi gizi buruk dengan program kesehatan gratis.

“Tingginya gizi buruk di Tanah Bumbu adalah PR bersama. Tentu ini menjadi masalah serius untuk mempengaruhi IPM di Tanbu,” ucap Muhammad Alpiya Rakhman saat debat pertama di Studio TVRI Kalsel, Sabtu (14/11) malam.

Adapun langkah ke depan, kata dia, yakni memberikan sosialisasi penting, dari tingkat kabupaten sampai dengan desa.

“Bagaimana masyarakat Tanbu mendapatkan pokok-pokok makanan yang bergizi,” katanya.

Sementara Syafruddin H Maming optimis program kesehatan gratis mampu mengurangi angka gizi buruk di Tanbu.

“Masyarakat cukup menggunakan KTP saja untuk berobat di puskesmas maupun rumah sakit yang ada di Tanah Bumbu,” jelas Cuncung, begitu kerap disapa.

Nanti, terdapat misi operasi cesar gratis untuk ibu-ibu.

Karenanya ia menilai tak semua perempuan di Tanbu mampu melahirkan normal.

“Apabila perempuan terkendala faktor ekonomi, maka cesar gratis ada dana Rp9-14 juta,” cetusnya.

Selanjutnya SHM-MAR akan meningkatkan dana posyandu yang ada di setiap desa di Tanbu.

“Insyaallah kita akan memberikan beberapa kali lipat sesuai keuangan dana desa yang tersedia,” pungkasnya.

Digelar Live Streaming

Debat perdana pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu akhirnya digelar, Sabtu (14/11) malam sekitar pukul 20.00 Wita.

Menariknya, pasangan Syafruddin H Maming-Alpiya Rakhman (SHM-MAR) tiba lebih awal di Studio 2 TVRI Kalsel.

Pasangan nomor urut 01 itu tiba mendahului pasangan nomor urut 02 Mila Karmila dan Zainal Arifin (MK-ZA).

Tak lama berselang atau sekitar pukul 19.45 wita pasangan calon bupati nomor urut 03 HM Zairullah Azhar-M Rusli (ZR) tiba menyusul.

Ketiga pasangan calon tampak dikawal sejumlah tim pemenangan. Mereka berbaur dengan massa pendukung dan aparat keamanan berdiri di halaman TVRI Kalsel.

Sebelumnya, debat berlangsung di TVRI Banjarmasin. Debat akan dimulai pukul 20.00 Wita hingga 120 menit ke depan dan disiarkan lewat jaringan televisi dan streaming di Youtube.

Ketua KPU Tanah Bumbu Makhruri mengatakan debat sengaja digelar di Banjarmasin. Lantaran belum adanya lembaga penyiaran publik yang bisa dikerjasamakan di Batulicin, ibu kota Tanah Bumbu.

Debat bakal dilaksanakan dua kali dalam November ini. Debat perdana mengangkat tema menyelesaikan persoalan daerah, peningkatan kesejahteraan, dan pelayanan masyarakat.

Sementara, debat kedua akan mengangkat tentang kemajuan daerah, penyelarasan, pembangunan daerah provinsi dan nasional.

“Seluruh masyarakat khususnya Tanah Bumbu dapat menyaksikannya secara langsung di rumah melalui live streaming Youtube,” ujarnya.

Diketahui untuk Pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu ada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berkompetisi.

Nomor urut 1 ada pasangan Syafruddin H Maming dan Muhammad Alpiya Rakhman yang diusung oleh PDI Perjuangan, Gerindra, PPP, PKPI, dan Partai Gelora.

Nomor urut 2 ada pasangan Mila Karmila dan Zainal Arifin yang maju melalui jalur perseorangan atau independen.

Nomor urut 3 ada pasangan Zairullah Azhar dan Muhammad Rusli yang diusung Partai Golkar, PKB, PAN, PKS, Nasdem, Demokrat, Hanura, dan Perindo.