Sport

Launching Pemain Barito Putera, Guru Zuhdi Warisi Nomor Rafael Silva

apahabar.com, BANJARMASIN – Skuat Barito Putera diperkenalkan, Kamis (20/2) malam. Yang menarik, tak ada pemain mengenakan…

CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman memberikan kostum nomor punggung 10 kepada KH Ahmad Zuhdiannoor atau Guru Zuhdi. Foto-apahabar.com/Riyad Dafhi R

apahabar.com, BANJARMASIN – Skuat Barito Putera diperkenalkan, Kamis (20/2) malam. Yang menarik, tak ada pemain mengenakan bernomor punggung 10 musim ini.

Seperti diketahui nomor punggung 10 musim lalu digunakan Rafael Silva. Namun, gelandang serang asal Brasil itu kini sudah tak masuk skuat Djadjang Nurjaman di Liga 1 2020.

Dan dari 26 pemain yang akan memperkuat Laskar Antasari, tak ada satu pun yang mewarisi nomor Rafael Silva.

Sebaliknya, oleh manajemen Barito, nomor 10 yang dianggap paling istimewa di tim sepakbola, sengaja khusus diberikan kepada KH Ahmad Zuhdiannoor.

CEO Barito, Hasnuryadi Sulaiman dengan sengaja memberikan nomor 10 kepada Guru Zuhdi di atas panggung.

Kemudian yang menariknya lagi, musim ini nomor punggung tertinggi digunakan Danilo Rumbino yakni 99. Angka yang sebelumnya tak pernah digunakan pemain Barito Putera sejak awal berdiri.

Kemudian, angka 14 yang sempat dikeramatkan manajemen atas penghargaannya kepada Frans Sinatra Huwae, kembali digunakan. Nomor punggung itu masih dikenakanan Nazar Nurzaidan seperti musim lalu.

Sementara untuk nomor 1, kembali ke punggung M Riyandi. Sebelumnya nomor itu sempat diminta khusus Yoo Jae Hoon sebelum putus kontrak dengan Barito di pertengahan musim 2019.

Sementara tiga pemain asing baru Barito Putera, masing-masing mengenakan nomor punggung; Danilo Sekulic (24), Yashir Islame Pinto (11) dan Alexandre Rakic (9).

Sebelumnya, nomor yang dikenakan Rakic milik Samsul Arif. Samsul sendiri sudah tak memperkuat Barito lagi setelah dua musim dan sempat jadi top skor tim musim 2018.

Saat diperkenalkan ke publik, seluruh pemain di tepung tawar Guru Zuhdi. Guru Zuhdi sendiri merupakan salah satu pengurus kehormatan di Barito Putera.

Hasnuryadi Sulaiman berharap berkat Guru Zuhdi, prestasi musim ini dapat membawa harum nama Banua.

Setelah prosesi perkenalan tim ke publik, selanjut Barito sendiri bertolak ke Surabaya untuk mempersiapkan diri jelang menghadapi Madura United.

Madura United merupakan lawan perdana Barito di laga pembuka Liga 1, 29 Februari nanti.

Selama persiapan, Laskar Antasari akan menggelar uji coba. “Besok tim akan ke Surabaya lanjut ke Malang, Sabtu Inshallah uji coba melawan Arema FC,” ujar Hasnur kepada awak media.

Sementara itu, ribuan suporter memadati lokasi lounching skuat Barito di halaman majelis pengajian Guru Zuhdi, Jl Masjid Jami, Banjarmasin.

Dalam acara itu sejumlah tokoh pengurus Barito dan mantan pemain hadir. Tak hanya itu, Gubenur Kalsel H Sahbirin Noor juga hadir.

Paman Birin, begitu dia kerap disapa berharap suatu saat nanti ada pemain asal Kalsel bisa melejit ke pentas dunia.

Berikut Nomor Punggung Skuat Barito Putera di Kompetisi Liga I 2020:

Kiper(1) M. Riyandi(18) Yoeswanto Setya Benny(20) Aditya Harlan

Bek(89) Cassio De Jessus(4) Ok John(14) Nazar Nurzaidin(35) Reva Adi Utama(5) Dandy Maulana(31) Kurniawan Karman(66) Bagas Kaffa(3) Yuswanto Aditya(85) M. Firly

Tengah(13) Bayu Pradana(15) M Rafi Syahrahil(7) Ambrizal Umanailo(26) Rizky Pora(17) Ferdiasnyah(21) Ilham Udin Armayn(99) Delvin Rumbino(11) Yashir Islame Pinto(24) Danillo Sekulic(6) David Maulana(22) Sandy Abellia Tacchinardi

Penyerang(9) Alexander Rakic(72) Kahar Mussakar(19) Bagus Kahfi

Pemain Tambahan(67) M Rafly Ariyanto (Striker)(28) M Hanafi (Gelandang)(2) M Yuda Febrian (Bek)

Baca Juga: Barito Putera Terima Tantangan Arema

Baca Juga: Sekulic Sembuh, Djanur Tetap Punya Opsi Cadangan

Reporter: Riyad Dafhi REditor: Ahmad Zainal Muttaqin