Pemkab Hulu Sungai Tengah

Launching Bansos, Ribuan KPM PKH di HST Terima Beras Medium

apahabar.com, BARABAI – Sebanyak 8.306 keluarga penerima manfaat (KPM) di Hulu Sungai Tengah (HST) mendapat bantuan…

Salah satu KPM PKH warga Mandingin menerima bantuan beras yang diserahkan Bupati HST, HA Chairansyah di Kantor Bulog Subdribe Barabai, Senin (7/9)./Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Sebanyak 8.306 keluarga penerima manfaat (KPM) di Hulu Sungai Tengah (HST) mendapat bantuan beras kualitas medium.

Bantuan beras itu ditujukan khusus untuk masyarakat yang terdaftar pada Program Keluarga Harapan (PKH).

Program bantuan untuk priode Juli sampai Agustus 2020 ini secara resmi diserahkan Bupati HST, HA Chairansyah kepada 3 orang KPM PKH di Kantor Bulog Subdribe Barabai, Senin (7/9).

Total beras yang disalurkan perbulan sebanyak 124.590 kilogram. Masing-masing KPM menerima 15 kilogram perbulan.

“Setiap penerima manfaat memperoleh 45 kilogram beras sampai September. Namun pada bulan September ini hanya disalurkan sebanyak 2 bulan yaitu, untuk Juli dan Agustus. Jadi setiap KPM akan menerima 30 kg Beras,” kata Kepala Dinsos PPKB dan PPPA, HM Yusuf usai penyerahan bantuan yang dibalut acara Launching Bansos Beras PKH 2020.

Sebelumnya, Chairansyah mengatakan bantuan beras itu salah satu program jaring pengaman sosial. Hasil kerjasama antara Kementerian Sosial dengan Bulog.

Tujuannya, untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat karena dampak pandemi Covid-19 dan membantu Pemkab HST untuk memulihkan perekonomian masyarakat.

Karena itu, Chairansyah berharap KPM dapat menggunakan bantuan tersebut guna memenuhi kebutuhan keluarga, khususnya pemenuhan asupan karbohidrat. Sehingga dapat menunjang peningkatan imunitas tubuh dalam menghadapi wabah Covid-19 di HST.

“Pelaksanaan program itu tentunya memerlukan sinergitas, baik Kemensos, Bulog, Dinsos atau pun pemangku kepentingan lainnya. Mari bersama-sama kita memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, hindari kerumunan, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir.” tutup Chairansyah.

Sementara itu, Kepala Bulog Subdrive Barabai, Budiawan mengemukakan, penyaluran beras dimulai pada September ini. Volumenya untuk alokasi dua bulan sekaligus.

“Total 30 kg dengan jumlah KPM 8.306. Jadi total stok beras kelolaan Bulog yang akan disalurkan mencapai 249.180 kg,” tutup Budiawan.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran PT BGR, Sekcam Barabai, Para Pendamping PKH koordinator dan 3 orang penerima simbolis bantuan beras.

Ketiganya berasal dari Desa Mandingin Kecamatan Barabai. Hartini Muliana, Wahidah dan Rusdiah.

Editor: Puja Mandela