Pemkab HSS

Latsar CPNS, Bupati Fikry Tekankan PNS Sebagai Pelayan Masyarakat

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menekankan bahwa seorang PNS harus pada…

Bupati HSS Achmad Fikry membuka Latsar Formasi CPNS tahun 2019.Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menekankan bahwa seorang PNS harus pada posisi melayani masyarakat bukan meminta dilayani, Jumat (15/10).

Hal ini disampaikan Bupati Fikry ketika membuka kegiatan pelatihan dasar atau Latsar CPNS Golongan II dan III angkatan I lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS di Gedung 2 BKPSDM setempat.

Bupati HSS menyampaikan PNS harus tahu persoalan yang dihadapi masyarakat supaya upaya melayani masyarakat bisa lebih maksimal.

“Maka kita semua harus dekat dengan masyarakat, kalau kita jauh mana mungkin bisa menyampaikan persoalannya,” jelas Bupati Achmad Fikry.

Pihaknya mengingatkan, jika sudah menjadi PNS maka harus bersedia sebagai pelayan masyarakat dan siap menyerahkan kebebasannya mengikuti aturan pemerintah.

“Kalau tidak mau diatur jangan jadi PNS, banyak aturan yang harus kita taati mulai berpakaian, jam kerja dan lainnya. Tidak bisa berkehendak sendiri,” ujar Bupati HSS.

Seorang PNS juga harus siap ditugaskan ke mana saja, bekerja dengan maksimal melayani masyarakat, menjadi pemimpin yang bisa menjadi contoh teladan bagi bawahan.

“Jika suatu saat telah menjadi seorang pemimpin maka jangan hanya bisa menyuruh atau menyerahkan tanggung jawab kepada bawahannya,” imbuhnya.

Kepala BKPSDM Kabupaten HSS Zulkipli menambahkan bahwa Latsar CPNS merupakan kerjasama dengan BPSDMD Provinsi Kalsel dengan pola fasilitasi.

Proses pembelajaran dengan tiga bagian yaitu MOOC (Belajar mandiri secara daring), Eleaning dan Classical.

“Kegiatan Latsar CPNS ini diikuti 40 peserta dari masing-masing golongan, berasal dari formasi CPNS Tahun 2019,” tandasnya.