liga spanyol

Las Palmas vs Barcelona, Blaugrana Siap Andalkan Wonderkid Brasil

Barcelona akan bertandang ke markas Las Palmas dalam pertandingan pekan 19 La Liga Spanyol di Gran Canaria Stadium, Jumat (5/1) pukul 03.30 WIB.

Wonderkid asal Brasil, Vitor Roque saat menjalani latihan bersama Barcelona jelang menghadapi Las Palmas dalam laga lanjutan La Liga Spanyol 2023/2024, Jumat (5/1). Foto: fcbarcelonanoticias.com

apahabar.com, JAKARTA - Barcelona akan bertandang ke markas Las Palmas dalam pertandingan pekan 19 La Liga Spanyol di Gran Canaria Stadium, Jumat (5/1) pukul 03.30 WIB.

Laga ini akan menjadi kesempatan bagi wonderkid asal Brasil Vitor Roque menjalani debut bersama klub raksasa Spanyol tersebut.

Vitor Roque didatangkan Barcelona dari Athletico Paranaense dengan biaya transfer sebesar 60 juta euro (sekitar Rp1 triliun) pada Juli lalu.

Namun, kedatangannya sebenarnya tidak direncanakan sebelum awal musim 2024/25 karena masalah pembatasan pengeluaran tim. Beruntung jangka waktu tersebut dimajukan ke Januari.

Baca Juga: Hasil La Liga: Real Madrid dan Girona Menang, Duel Puncak Makin Panas

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez pun menyambut Vitor Roque dengan baik hingga langsung didaftarkan ke dalam skuat utama. 

Tapi, kehadirannya menimbulkan keraguan mengenai perannya di Barcelona, mengingat Robert Lewandowski hampir tidak tergoyahkan dalam posisi dalam sistem 4-3-3 Barca.

Xavi tetap yakin kedua pemain tersebut bisa bermain bersama. Apalagi Vitor Roque bisa bermain sebagai penyerang sayap dan menawarkan persaingan bagi semua penyerang di dalam skuat.

"Ia [Roque] bisa bermain melebar atau sebagai pemain nomor sembilan. Ia akan menghasilkan persaingan positif semua penyerang di skuat -Lewandowski, Ferran [Torres], Joao [Felix], Raphinha, dan Lamine [Yamal]-," ucap Xavi.

Baca Juga: Real Madrid vs Mallorca, Ancelotti Beri Sinyal Turunkan Vinicius Jr

Yang jelas, kehadiran Vitor Roque bakal memperkuat Blaugrana menjalani sisa pertandingan Liga Spanyol musim ini.

Apalagi, tim Catalan ini bertekad mendekati zona 2 besar yang tengah dikuasai Real Madrid dan Girona yang sama-sama mengumpulkan 48 poin.

Saat ini, Barcelona berada di posisi 4 dengan mengumpulkan 38 poin, sama seperti yang dikumpulkan Atletico Madrid di peringkat ke-3. 

Karena itu, Barca ingin memenangkan semua pertandingan agar bisa bersaing di jalur juara, khususnya saat menghadapi Las Palmas.

Baca Juga: Maaf MU, Frenkie de Jong Masih Betah di Barcelona

Jika dilihat dari klasemen Barcelona memang lebih diunggulkan. Sebab, tim tuan rumah saat ini berada di peringkat 10 dengan mengumpulkan 25 poin dari 18 match.

Meski begitu Las Palmas tidak bisa dianggap remeh oleh Barcelona. Tim promosi ini tampil cukup baik karena meraih 3 kemenangan dari 5 pertandingan terakhir semua kompetisi.

Dari sektor pertahanan mereka juga memiliki torehan apik dengan catatan 15 kali kebobolan. Perolehan itu membuat mereka menjadi pertahanan terbaik ke-2 setelah Real Madrid (11). 

Prediksi Susunan pemain Las Palmas vs Barcelona:

Las Palmas (4-3-3): Alvaro Valles; Alex Suarez, Saul Coco, Mika Marmol, Sergi Cardona; Javier Munoz, Maximo Perrone, Kirian Rodriguez; Marvin Park, Munir El Haddadi, Sandro Ramirez. 

Pelatih: Garcia Pimienta. 

Barcelona (4-3-3): Inaki Pena; Alejandro Balde, Jules Kounde, Ronald Araujo, Joao Cancelo; Ilkay Gundogan, Frankie de Jong, Sergi Roberto; Joao Felix, Robert Lewandowski, Raphinha. 

Pelatih: Xavi Hernandez.