Tak Berkategori

Lapas Banjarbaru Jamin Pemilu Aman

apahabar.com, BANJARBARU – Polres Banjarbaru memastikan salah satu daerah rawan konflik pada Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru…

Warga binaan turut berpartisipasi pada Pemilu 2019. Foto-Radar Malang

apahabar.com,BANJARBARU – Polres Banjarbaru memastikan salah satu daerah rawan konflik pada Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru adalah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Namun pihak Lapas Kelas III Banjarbaru menjamin proses pencoblosan PemiluPilpres dan Pileg 2019 di tempat mereka aman.

“Kami yakin 99 persen proses Pemilu pada Rabu (17/4) besok akan aman,” ungkap Kasi Administrasi dan Orientasi Lapas Banjarbaru, Hamzahkepadaapahabar.comRabu (16/4) sore.

Dia menjelaskan, pesta demokrasi Pemilu 2019 ini merupakan yang perdana di Lapas Banjarbaru. Pasalnya Lapas Banjarbaru sendiri mulai difungsikan pada tahun 2015 yang lalu.

Baca Juga: Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2019, BPJS Tutup di Hari Itu

Akan ada dua TPS yang nantinya berada di Lapas Banjarbaru, yaitu TPS 21 dan TPS 27. Total Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ditempat mereka yang telah menjadi DPT dan DPTb berjumlah 359 pemilih. Ditambah 32 orang pegawai yang juga menjadi DPTb.

Diakuinya, data pemilih dari KPU dan Lapas Banjarbaru memang ada perbedaan. Karena ada sekitar 17 WBP yang telah bebas, sebelum masa pencoblosan ini.

“Dua TPS ini mulai kami siapkan Rabu (16/4) sore ini, lokasinya nanti ada di ring2, persis di lapangan terbuka. Kami juga menyiapkan 30 personel Sipir untuk pengamanan. Ditambah 12 personel dari Polres Banjarbaru dan Polsek Cempakayang memang bertugas di dua TPS ini,” terangnya.

Selain WBP laki-laki, nantinya juga ada WBP perempuan yang akan mengikuti Pemilu. Totalnya ada 20 WBP perempuan, dari total 44 WBP Perempuan di Lapas Banjarbaru.

Baca Juga: KPU Banjarmasin Gerak Cepat Ganti Kotak Suara Rusak

“Di dua TPS ini nantinya juga akan ada para saksi dari partai dan calon legislatif (caleg) yang akan ikut mengawasi. Hanya saja mereka nantinya akan berada di daerah steril,” jelasnya.

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif