Kalsel

Lagi, Kantor DPRD Kalsel Sepi, Ternyata Mereka Lagi….

apahabar.com, BANJARMASIN – Dilantik bulan lalu, kantor DPRD Kalsel kembali sepi pada Selasa (29/10) siang. Pantauan…

Pengalungan Id card dari pejabat Kementerian Dalam Negeri kepada Ketua DPRD Kalsel, Supian HK, Selasa siang. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARMASIN – Dilantik bulan lalu, kantor DPRD Kalsel kembali sepi pada Selasa (29/10) siang.

Pantauan apahabar.com, hanya tampak sejumlah staf dan beberapa pejabat sekretariat DPRD Kalsel yang berada di tempat. Di fraksi, hanya terlihat beberapa anggota saja.

Usut demi usut, ternyata para wakil rakyat sedang berada di Jakarta sejak sehari lalu.

Mereka sedang melaksanakan orientasi pendalaman tugas di kantor Kementerian Dalam Negeri.

Ketua DPRD Kalsel Supian HK menyebut orientasi untuk para anggota dewan adalah hal lumrah. Apa lagi kegiatan tersebut adalah pembekalan wawasan dan pengetahuan bagi pimpinan dan anggota DPRD, khususnya dalam menjalankan tugas dan fungsi legislatif.

“Tugas dan fungsi dewan adalah membuat peraturan, anggaran dan pengawasanya. Tiga hal ini harus ditingkatkan guna menjawab tantangan lima tahun ke depan,” ujar Supian.

Sementara, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Teguh Setya Budi menyebut orientas juga bertujuan untuk menambah wawasan.

Terkait, tugas dan fungsi juga agar lebih mengoptimalkan peran dari DPRD di tingkat provinsi dalam mewujudkan pembangunan dan pemerintahan yang efektif, efesiensi dan akuntabel.

"Guna mewujudkan hal tersebut, dilaksanakanlah kegiatan ini," katanya.

Sebagaimana amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 133/2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota bahwa orientasi dilakukan satu kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah/jabatan anggota DPRD dan pendalaman tugas anggota DPRD dilakukan setelah mengikuti persentasi.

Sementera, narasumber yang menyampaikan materi berasal dari pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Kemendagri, dan akademisi UI dan IPDN serta pakar/ahli di bidangnya.

Baca Juga:Puluhan Buruh Metal Demo di Depan Kantor DPRD Kalsel

Baca Juga: Merugi, DPRD Minta Bank Kalsel Tarik Kantor Cabangnya di Jakarta

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah