Tak Berkategori

Lab Uji Konstruksi Dinas PUPR Tabalong Usulkan Akreditasi

apahabar.com, TANJUNG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong akan mengusulkan akreditasi Laboratorium…

Ilustrasi uji konstruksi. Foto-Release insider

apahabar.com, TANJUNG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong akan mengusulkan akreditasi Laboratorium Uji Konstruksi.

Saat ini, Lab Uji Konstruksi itu belum bisa bekerja secara optimal. Hasil rekomendasi dari laboratorium itu pun belum bisa mengeluarkan hasil rekomendasi, karena terkendala akreditasi.

Kepala Bidang Jaskon pada Dinas PUPR, H Nurfitrizal, berencana mengusulkan akreditasi itu.

Kabid Jasa Konstruksi pada Dinas PUPR Tabalong, H Nurfitrizal. Foto – apahabar.com/AHC26

“Jika sudah terakreditasi maka kita bisa melakukan uji konstruksi di sini tanpa harus ke Banjarmasin. Selain itu bisa mengeluarkan hasil rekomendasinya,” kata Rizal, Senin (31/8) kemarin.

Dia juga mengatakan jika akreditasi itu benar-benar terealisasi, selain proses uji konstruksi yang lebih cepat, biaya yang dikeluarkan juga lebih ringan. Selain itu, potensi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) makin besar.

Saat ini, Laboratorium Uji Konstruksi pada Dinas PUPR Tabalong terdapat tiga alat uji mutu konstruksi, yaitu alat pengujian mutu aspal, uji tanah, dan uji mutu beton.

“Untuk menjaga keakuratan dari alat tersebut, pihaknya juga melakukan perawatan rutin dan kalibrasi. Sumber daya manusianya sudah ada untuk mengoperasikannya,” jelasnya.

Editor: Puja Mandela