Kalteng

Kunjungi Pulpis dan Kapuas, Mentan Dorong Kalteng Jadi Lumbung Padi Nasional

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke…

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (11/6). Foto: Diskominfo Kalteng

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (11/6).

Kunjungan tersebut dalam rangka implementasi program Presiden Joko Widodo yang akan menjadikan Kalimantan Tengah menjadi lumbung ketahanan pangan nasional.

Di Kabupaten Pulang Pisau, Mentan mengunjungi Desa Gadabung, sedangkan di Kapuas ke Desa Terusan Makmur, Poktan Putra Dewata.

Dalam kesempatan itu, Mentan mendorong Kalimantan Tengah menjadi lumbung padi nomor satu di Indonesia dan menjadi lumbung segala bahan pangan yang ada.

“Saya berharap Kalimantan Tengah bisa menjadi lumbung padi nasional dari urutan sekian menjadi urutan teratas yang menyediakan bahan pangan tidak hanya padi, akan tetapi juga hasil- hasil tani yang lain,” ujar Syahrul.

Menurutnya, rasanya tak berlebihan, menaruh harapan besar dengan lahan-lahan yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya Kapuas, karena lahan merupakan lahan yang sangat produktif dan potensial untuk dikembangkan.

Sebab, mempunyai lahan yang cukup luas untuk para petani mengembangkan lahannya dalam menanam padi dan tanaman-tanaman yang lain.

“Di sini menurut apa yang disampaikan Kadis Pertanian Kapuas, perhektarnya bisa menghasilkan padi sekitar delapan hingga sembilan ton padi, dan kita berharap ini bisa dikembangkan dari beberapa sektor selain padi seperti peternakan,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor