Kalteng

Kunjungi Kobar, Ini yang Dilakukan 24 Diplomat Kemenlu

apahabar.com, PANGKALAN BUN – Sebanyak 24 diplomat madya mengunjungi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Kunjungan para diplomat…

Direktur SesdiluRenataSiagian, saat menyerahkan cenderamata kepada Bupati Kobar HjNurhidayah. Foto – apahabar.com/Maman

apahabar.com, PANGKALAN BUN – Sebanyak 24 diplomat madya mengunjungi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Kunjungan para diplomat muda ini dalam rangka kunjungan lapangan atau field visit dari Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (Sesdilu) angkatan ke-64 Pusdiklat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Kunjungan 24 diplomat madya ini yang sudah berkarya di Kemenlu lebih dari 10 tahun dan setidaknya telah bertugas satu kali di perwakilan Rl di luar negeri. Sesdilu angkatan ke-64 yang dilaksanakan pada 17 Juni s.d.30 Agustus 2019 kali ini bertemakan “Fostering Indonesia’s Diplomacy through Partnership, Entrepreneurship and Innovation“.

Baca Juga: Hebat, Dua Siswi Palangka Raya Juara Dunia Penyembuh Kanker Payudara

Berkaitan dengan tema inilah, kata Direktur SesdiluRenataSiagian para peserta Sesdilu melaksanakan kunjungan lapangan ke wilayah Kobar dengan tujuan utama Taman Nasional Tanjung Punting (TNTP).

"Kunjungan ke TNTP untuk mengetahui secara langsung dan lebih dalam terkait tata kelola konservasi orangutan terbesar di dunia ini. Tidak hanya ke TNTP para peserta juga dijadwalkan mengadakan kegiatan sharing session dengan mahasiswa Universitas Antakusuma," kata Renata, kepada sejumlah awak media pada Senin (12/08).

Menurutnya,kunjungan ke TNTP bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai upaya konservasi lahan, tata ruang, termasuk orangutan dan tantangan yang dihadapinya.

"Maka kegiatan ini akan menjadi bekal saat para diplomat madya tersebut kembali ditugaskan di Perwakilan Rl di luar negeri. Sedangkan kegiatan sharing session bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta Sesdilu," jelasRenata.

Bupati Kobar HjNurhidayah, berharap dengan kedatangan para peserta Sesdilu ke Kobar, para diplomat nantinya mampu menjadi agen yang berperan dalam mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Kobar saat bertugas di luar negeri.

"Tidak hanya di bidang pariwisatanya, namun juga berbagi program dan kebijakan Pemkab Kobar dalam melaksanakan pembangunan," papar Nurhidayah.

Baca Juga: Helikopter Hilir Mudik Padamkan Api di Palangka Raya

Reporter: Ahc 16
Editor: Aprianoor