Tak Berkategori

KUA-PPAS APBD Tala 2021 Disepakati

apahabar.com, PELAIHARI – Proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 akhirnya disepakati. Bupati…

Bupati Tala Sukamta saat meneken KUA-PPAS APBD 2021. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 akhirnya disepakati.

Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan kesepakatan dilakukan dengan dilandasi semangat saling sepaham, di tengah situasi pandemi yang tidak menguntungkan.

“Nota kesepakatan dapat ditandatangani sebagai landasan untuk penyusunan rancangan APBD Kabupaten Tanah Laut 2021," ujar Sukamta.

Hal itu disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penandatanganan Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), Kamis (27/8).

Sukamta menjelaskan dalam proses penyusunan APBD Tala 2021, antara eksekutif dan legislatif mempunyai tanggung jawab yang sama, sesuai dengan fungsi dan kewenangannya untuk melaksanakan tahapan lebih lanjut.

"Kesepakatan KUA-PPAS merupakan tahap awal dari sebuah proses panjang penyusunan APBD 2021. Namun waktu yang kita punya saat ini sangat terbatas. Hanya tiga bulan," jelasnya.

Di bagian lain, dia menyampaikan proses penyelesaian Covid-19 di Tanah Laut. Saat ini alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di Kabupaten Tanah Laut sudah bisa difungsikan dengan kapasitas maksimal 72 sampel setiap harinya.

"Ini sebagai langkah cepat kita untuk memutus mata rantai Covid-19. Semoga tingkat kesembuhan lebih cepat lagi,” katanya.

Editor: Puja Mandela