Hot Borneo

Kronologi Narapidana Lapas Banjarmasin Kabur, Dikejar Sampai Palangka Raya

apahabar.com, BANJARMASIN – Seorang narapidana bernama Ipu Hadi dinyatakan kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA…

Oleh Syarif
Ilustrasi napi kabur. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Seorang narapidana bernama Ipu Hadi dinyatakan kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin.

Kasus kaburnya seorang narapidana tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 Wita, Sabtu (23/7/2022).

Kejadian itu berawal saat narapidana tersebut melakukan kegiatan asimilasi di luar area Lapas pukul 09.10 Wita. Kegiatan dikawal staf giat Lapas Banjarmasin.

Sekitara pukul 10.00 Wita, narapidana tersebut masih berada di area lingkungan Lapas Banjarmasin.

Narapidana yang merupakan petugas kebersihan tersebut diduga jalan keluar melalui belakang arah rumah dinas pegawai Lapas Banjarmasin.

"Sekitar pukul 10.30 petugas pengawalan mengecek dan mendapatkan kurangnya personil narapidana yaitu Ipu Hadi," ujar Kepala Divisi Permasyarakatan Kemenkumham Kalsel, Sri Yuwono.

Disuruh Bersih-Bersih Halaman Lapas, Narapidana di Banjarmasin Malah Kabur

Setelah itu, Ia mengatakan langsung bergerak cepat melakukan pencarian awal oleh petugas Lapas Banjarmasin. Pencarian berkoordinasi dengan instansi terkait dengan mendapatkan nomor anak keluarga dan alamat keluarga narapidana kabur.

"Nihil karena informasi narapidana tersebut beralamat asli di Palangkaraya Kalimantan tengah (Kalteng)," ucapnya.

Petugas juga, kata dia sudah menindaklanjuti dengan mendatangi semua travel dan mencek yang bertujuan ke Palangkaraya. Dugaan narapidana tersebut langsung kabur ke kota cantik tersebut.

"Sekarang pihak Lapas petugas bergerak ke arah ke Palangkaraya," pungkasnya.