Tak Berkategori

KPU RI Disebut Tunjuk Sarmuji sebagai Ketua

apahabar.com, BANJARMASIN – Kekosongan jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepertinya akan segera terisi. Kekosongan terjadi…

Ilustrasi KPU. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kekosongan jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepertinya akan segera terisi. Kekosongan terjadi usai lengsernya Edy Ariansyah melalui rapat pleno komisioner, Rabu lalu (23/1) sepertinya akan segera terisi.

Nama Sarmuji disebut-sebut bakalan menduduki posisi ketua penyelenggaraan pemilu hingga 2023 mendatang.

“Walaupun hanya melalui pesan WA, terhitung 1 Februari SK KPU RI mengangkat saya sebagai Ketua KPU Kalsel,” terang Sarmuji saat ditemui apahabar.com, Kamis (7/2).

Kata dia, KPU RI sudah menerbitkan surat keputusan (SK) 301/PP.06_Kpt/05/KPU/2/2019 untuk mengangkat dirinya mengantikan Edy Ariansyah. Namun hingga saat ini, berita acara dengan empat lembar lampiran itu belum sampai ke tangan Sarmuji.

Baca Juga:Api di Pelambuan, Nenek Syamsiah Cuma Punya Baju di Badan

Karenanya, besok ia berencana berangkat ke kantor KPU RI Jakarta sekaligus melaksanakan proses pelantikan jabatan sebagai ketua. “Kita besok akan berangkat ke Kantor KPU RI, karena harus langsung yang bersangkutan datang untuk melaksanakan pelantikan,” ujar mantan komisioner KPU Kalsel ini.

Berita acara yang ditandatangani Ketua KPU RI Arif, Sarmuji menyampaikan hanya menulis identitasnya saja, tidak untuk keempat komisioner lainnya. Karena untuk memutar posisi komisioner, ia akui kondisi itu bukan ranah KPU RI.

“Perombakan komisioner itu cukup melalui rapat pleno kita saja, tidak melalui KPU RI,” jelasnya. Walaupun begitu, untuk sementara ini masih menjalankan kegiatan tahapan Pemilu 2019 seperti biasa.

Baca Juga:Kadis Pendidikan: SD yang Terendam Air, Hibah dari Masyarakat

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz