Menyambut Bulan Ramadan

Korban Covid-19 dalam Kenangan Peziarah di TPU Rorotan

Tempat pemakaman umum (TPU) Covid-19 atau TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara ramai dikunjungi warga yang ingin berziarah, pada Minggu

Penziarah yang mulai ramai datang ke TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (19/3). (Foto: apahabar.com/Ryan Suryadi)

apahabar.com, JAKARTA - Tempat pemakaman umum (TPU) Covid-19 atau TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara ramai dikunjungi warga yang ingin berziarah, pada Minggu (19/3). Ziarah makam sanak saudara ini sudah menjadi tradisi setiap datangnya bulan suci Ramadan.

Bahkan jumlah peziarah yang mendatangi makam sudah terlihat sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Hal tersebut dikarenakan pekan ini merupakan pekan terakhir sebelum memasuki bulan Ramadan.

Dari pantauan apahabar.com di lokasi, kepadatan mulai terlihat di pintu gerbang TPU Rorotan yang sudah dipadati kendaraan roda empat atau roda dua.

Baca Juga: Kompleks Pemakaman Gunungpring Magelang Ramai Dipadati Peziarah

Salah satu penziarah Tomi (43) mengatakan sengaja datang berziarah untuk mengunjungi makam ibunda.

"Ini makam ibu. Iya di makam karena Covid di tahun 2021," Kata Tomi yang dateng bersama keluarganya dari Bekasi, Minggu (19/3).

Menurut Tomi kegiatan berziarah kali ini merupakan yang kedua kalinya. Mengingat ibunda menjadi korban meninggal akibat Covid-19 di tahun 2021.

Baca Juga: Pedagang Bunga di Banyuwangi Ketiban Berkah Jelang Ramadan: Omzet Sehari Capai Sejuta!

"Emang pas mau puasa dan mau lebaran ya. Dan ini memasuki lebaran ke dua. Kalau inget-inget itu sangat sedih dan mengerikan," kata Tomi.

Sementara warga lainnya Kevano (18) mengatakan, sengaja melakukan ziarah ke makam ayahnya di TPU Rorotan ini. Ia datang untuk mendoakan dan melihat kondisi makam ayahnya yang meninggal dunia karena Covid-19.

"Ya kalau ayah meninggal kalau nggak salah setahun yang lalu kena Covid juga kalau nggak salah waktu itu sedang tinggi varian Delta," ujarnya.