Komunitas Otomotif

Kopdargab AXIC Jatim Bali di Pulau Dewata demi Peduli Lingkungan

Komunitas mobil yang tergabung dalam AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) melakukan kopi darat gabungan bertajuk 'Kopdargab AXIC Jatim Bali Nusra X'.

Kopdargab AvanzaXenia Indonesia Club Jatim Bali. Foto: dok. AXIC

apahabar.com, JAKARTA - Komunitas mobil yang tergabung dalam AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) melakukan kopi darat gabungan bertajuk "Kopdargab AXIC Jatim Bali Nusra X" pada akhir pekan lalu di Bali.

Boy Al Ghozali, Ketua Panitia Kopdargab Jatim Bali Nusra edisi ke-10 ini, menjelaskan acara kopi darat merupakan rangkaian kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan cabang AXIC di seluruh Indonesia.

Acara ini diikuti sekitar 100 anggota dari berbagai cabang AXIC di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara serta dihadiri Ketua Umum AXIC Ichan Chaniago dan jajarannya.

Bali dipilih karena menjadi salah satu destinasi wisata favorit sekaligus berkontribusi meningkatkan isu kampanye lingkungan di Pulau Dewata.

"Acara ini juga menjadi touring terjauh dari para anggota AXIC karena para peserta kopdargab menempuh jarak rata-rata 1.300 km menuju Pulau Dewata," kata Boy dalam keterangannya, Jumat (16/12).

Baca Juga: Kata Komunitas Otomotif tentang Wuling Almaz Hybrid

Tak sekadar kumpul, Kopdargab edisi ke-10 ini juga sarat dengan kegiatan peduli lingkungan.

Misalnya para peserta asal AXIC ini menanam bibit pohon bakau di kawasan Hutan Mangrove Taharu di wilayah Ngurah Rai Denpasar, yang juga menjadi salah satu lokasi kegiatan KTT G20 pada akhir November lalu.

"Kami (AXIC) sangat peduli dengan pelestarian keanekaragaman hayati. Ini adalah program lanjutan pelestarian alam Indonesia, setelah AXIC melakukan kegiatan serupa di kawasan hutan mangrove di Bandar Lampung," imbuhnya.

Kopdargab AXIC Jatim Bali. Foto: dok. AXIC

"Kegiatan ini juga bentuk kepedulian AXIC terhadap lingkungan hidup karena mangrove dapat menyerap emisi karbon, melindungi lahan, dan mencegah abrasi laut," sambungnya.

Baca Juga: Tips Berkendara Jarak Jauh saat Libur Nataru agar Aman dan Nyaman

Selain penanaman bibit pohon bakau, Kopdargab AXIC Jatim Bali Nusra ini juga melakukan kampanye pengurangan sampah plastik dengan membagi-bagikan kantong plastik daur ulang. Sebab sampah plastik merupakan masalah besar dan sangat merugikan lingkungan di Tanah Air.

Sebagai klub mobil, acara berikutnya tentu berkaitan dengan otomotif, yakni test drive mobil terbaru Avanza dan Xenia, serta pengecekan mobil peserta kopdargab oleh Toyota Home Servoce (THS). Sehingga kondisi mobil para peserta tetap baik saat acara dan perjalanan pulang nanti.

Acara ini akhirnya berjalan lancar berkat dukungan dan kerja sama para mitra AXIC, seperti Toyota, Too Damn Low Indonesia, MS Glow for Men, Bendix, One Way Production, BeeBot Automotive, Tobi Garage, Sweet Kokona, dibali rental, Caroline.id, suka.bersih, dan sebagainya.