Pemkab Banjar

Konsultasi Gratis Desain Kemasan Produk di Alun Alun Ratu Zalecha Martapura

apahabar.com, MARTAPURA – Memanfaatkan libur kantor, Pemkab Banjar membuka pelayanan konsultasi gratis desain kemasan produk bagi…

Pemkab Banjar membuka pelayanan konsultasi gratis desain kemasan produk bagi pelaku UMKM dan IKM, di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura , Minggu (5/6) pagi. Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Memanfaatkan libur kantor, Pemkab Banjar membuka pelayanan konsultasi gratis desain kemasan produk bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah dan industri kecil menengah, di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura , Minggu (5/6) pagi.

Kegiatan ini dinamai Tangkap Adik Manis: datang konsultasi pulang dapat kemasan manis. Kerja sama antara Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (KUMPP) Banjar.

Ketua Dekranasda Banjar, Hj Nurgita Tiyas, mengatakan pemerintah jemput bola dengan harapan para pelaku UMKM dan IKM bisa menambah pengetahuan mereka dalam desain kemasan.

“Supaya nantinya berguna dalam meningkatkan daya saing pasar di regional maupun luar kota," ujar Gita didampingi Kepala DKUMPP I Gusti Made Suryawati.

Kabid Perindustrian DKUMPP Banjar, Lily Agustriana menambahkan, dalam pelayanan ini pihaknya menyediakan mobil keliling Rumah Kemasan Banjar (RKB) sebagai tempat konsultasi gratis.

“Layanan di RKB bisa konsultasi gratis atau bisa minta bantuan desain kemasan agar terlihat lebih cantik dan lebih disukai. Mayoritas yang datang berupa produk kerajinan dan makanan," jelasnya.

“Ke depannya mobil RKB tidak hanya beroperasi di RTH tapi mampu menjangkau seluruhlapisan masyarakat di Kabupaten Banjar,” sambungnya.

Untuk diketahui, Pemkab Banjar juga punya Rumah Kemasan berada di Jalan PU Desa Indrasari, Martapura. Di sana para pelaku UMKM dan IKM juga dapat berkonsultasi desain kemasan hingga mencetaknya langsung. Namun untuk saat ini belum bisa mencetak jumlah sangat besar, lantaran keterbatasan alat cetak.