Tak Berkategori

KONI Tala Berharap Tanah Laut Jadi Tuan Rumah Porprov Kalsel 2025

apahabar.com, PELAIHARI – Keinginan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanah Laut agar Porprov 2025 berlangsung…

KONI TALA menggelar Rapat Koordinasi Anggota (Rakon) di Sinar Hotel Pelaihari, Rabu (29/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Keinginan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanah Laut agar Porprov 2025 berlangsung di Tanah Laut muncul di Arena Rapat Koordinasi Anggota (Rakon) di Sinar Hotel Pelaihari, Rabu (29/12).

Semua Cabang Olahraga (Cabor) di Bawah Naungan KONI Tala berharap Kabupaten Tanah Laut, menjadi tuan rumah Porprov ke XII tahun 2025.

Keinginan itu bukan tanpa alasan mengingat letak Kabupaten Tanah Laut berada di tengah, sangat dekat Ibu Kota Provinsi, yakni Banjarmasin dan Banjarbaru.

“Memang ada rekomendasi dari kawan-kawan, kayaknya mulai sejak tahun kemarin kita memang wajib tuan rumah Porprov 2025. Itu rekomendasi. Bahkan tahun kemarin juga kita sampaikan kepada pak bupati dan ketua dewan,” kata Muhammad Harianoor, Ketua Harian KONI Tala, di sela Rakon.

“Karena biar bagaimanapun kalau KONI ditanya siap tidak siap kita tanya dulu kepada pucuk pimpinan daerah bupati dan ketua dewan kalau beliau menyatakan siap kita ngikut.”

Mengapa Pemerintah dan DPRD? sambungnya, karena keputusan dan penganggaran ada di Pemerintah dan DPRD Tala, termasuk sarana olahraga.

“Jadi kita masih ada waktu, karena jarak Porprov ini masih ada menjelang 4 tahunan. Kita untuk mempersiapkan diri membenahi sarana dan prasarana yang belum kita miliki,” katanya.

Memang, lanjutnya, yang urgent itu saat ini adalah stadium. Sebab akan menjadi tempat untuk pembukaan dan penutupan. Kalau fasilitas lainnya masih memadai. Hampir 85 persen sudah terpenuhi.

“Kalau Porprov kita memang target naik peringkat minimal di peringkat 7. Sekarang ini, setelah Porprov di Kabupaten Tabalong Peringkat Tanah Laut berada di peringkat 7. Dengan perolehan medali 25. Harapan kita memang naik dua tingkat,” ujar Harianoor.

Ke depannya jika menjadi tuan rumah, maka target masuk 5 besar. Keyakinan itu ada karena melihat potensi-potensi dari atlet-atlet Tala yang ada di bawah naungan KONI Tala.

“Khususnya cabor-cabor yang ada di beladiri perorangan lainnya, itu dari hasil-hasil kejuaraan yang diikuti ,banyak meraih medali emas dan menjadi nomor satu. Apalagi kita juga mengirim Cabor Silat Kempo ke PON. Nah itu merupakan suatu langkah yang memberikan semangat lah kepada cabor yang lainnya,” paparnya.

Keinginan KONI Tala menjadi tuan rumah Porprov 2025 juga mendapat suport dari Sekda Tala Dahnial Kifli.

Saat membuka Rakon, Mantan Kadispar Provinsi Kalsel ini berharap peringkat Tala saat Pesta Olahraga Provinsi (Porprov) ke XI di Hulu Sungai Selatan (HSS) bisa mencapai peringkat yang memuaskan. Sehingga, Kabupaten Tanah Laut, dianggap mampu untuk menjadi tuan rumah Porprov ke XII di tahun 2025 yang akan datang.

“Kita tentu sangat mendukung demi kemajuan Olahraga di Tala,” tandasnya.