Kalteng

Kondisi Terbaru Sugianto Sabran Usai Positif Covid-19

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Sehari sebelum debat kedua Pilkada Kalimantan Tengah, Gubernur Kalteng nonaktif H Sugianto…

Calon gubernur petahana, Sugianto Sabran menjalani isolasi mandiri dikediaman pribadi usai positif Covid-19, 18 November lalu. Foto-istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Sehari sebelum debat kedua Pilkada Kalimantan Tengah, Gubernur Kalteng nonaktif H Sugianto Sabran, terkonfirmasi Covid-19, pada 18 November 2020 lalu.

Lantas, seperti apa kondisi terbaru calon gubernur petahana itu?

Direktur RSDS Palangka Raya, drg Yayu Indriaty mengatakan saat ini Sugianto Sabran masih menjalani isolasi mandiri di kediaman pribadi.

Meski begitu, kata Yayu, secara umum kondisi Sugianto dalam keadaan stabil alias normal.

Begitu juga dengan cek laboratorium menunjukkan reaksi imunitas tubuh Sugianto Sabran bekerja baik.

Menurutnya, tidak ada terapi khusus yang diberikan kepada Sugianto Sabran, karena yang bersangkutan merupakan orang tanpa gejala (OTG).

“Tidak ada terapi khusus. Hanya diminta diet sehat, banyak makan sehat saja, agar imun meningkat serta berolahraga dan berjemur tiap hari,” ujar Yayu.

Yayu mengakui sebenarnya pihaknya belum memprogramkan tes usap tindak lanjut (swab follow up) terhadap Sugianto, tetapi hanya rutin melakukan cek darah lengkap.

Pasalnya, jelas Yayu, mengacu pada pedoman pengendalian Covid-19 revisi 5 Kementerian Kesehatan, pada kondisi isolasi mandiri dengan gejala ringan sedang tidak ada swab follow up.

Namun hanya perlu isolasi mandiri minimal 10 hari dan isolasi mandiri 14 hari bagi yang bergejala. “Setelah itu bisa beraktivitas kembali dengan protokol kesehatan,” ujar Yayu.