Nasional

Kompensasi Telkom ke Pelanggan IndiHome, Semua Channel Televisi Berlangganan Dibuka

apahabar.com, JAKARTA – Telkom memberikan kompensasi akibat layanan koneksi internet IndiHome yang sempat down. Bentuk kompensasi…

Telkom memberikan kompensasi open all channel kepada pelanggan televisi Indihome hingga 15 Oktober 2021. Foto: Promedia

apahabar.com, JAKARTA – Telkom memberikan kompensasi akibat layanan koneksi internet IndiHome yang sempat down.

Bentuk kompensasi itu adalah seluruh channel televisi IndiHome dapat ditonton secara gratis.

“Telkom memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terdampak dengan membuka all channel di IndiHome TV mulai 26 September sampai 15 Oktober 2021,” jelas Vice President Marketing Management Telkom, E Kurniawan, seperti dilansir Detik, Sabtu (25/9) malam.

“Untuk aktivasi pembukaan all channel, pelanggan hanya perlu melakukan restart Set Top Box (STB),” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan apahabar.com, janji tersebut sudah direalisasikan Telkom sejak pukul 01.00 Wita, Minggu (26/9).

Adapun cara restart STB adalah dengan menekan tombol on/off di perangkat tersebut.

Cara lain adalah melepas stop kontak. Setelah dilepas dan didiamkan selama sekitar 1 menit, stop kontak dapat dipasangkan kembali untuk menghidupkan STB.

Selain open all channel, Telkom juga memberlakukan kebijakan penundaan pembayaran billing tagihan.

“Kalau bisanya setiap 20 September, pembayaran billing tagihan diundur menjadi 25 September dan menghilangkan denda keterlambatan bayar,” tambah Kurniawan.

Gangguan layanan IndiHome dan Telkomsel sendiri disebabkan gangguan di Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa, Sumatera, Kalimantan (Jasuka) ruas Batam-Pontianak.

Sekarang diyakini koneksi layanan internet IndiHome sudah 100 persen normal kembali, meski penyebab gangguan SKKL Jasuka belum diketahui.

Gangguan itu teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam di kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

“Diperkirakan untuk perbaikan kabel laut ini akan selesai di minggu kedua Oktober 2021, atay bahkan bisa lebih cepat,” sahut Pujo Pramono, Vice President Corporate Communications Telkom.