Komitmen Tanamankan Sikap Toleransi Bagi Generasi Muda Kapuas

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapuas, Kalteng bersama Pemkab Kapuas dan Kantor Kemenag setempat berkomitmen untuk menanamkan sikap toleransi kepada para

Kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama di Kecamatan Kapuas Barat. Foto: Pemkab Kapuas

apahabar.com, KUALA KAPUAS - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapuas, Kalteng bersama Pemkab Kapuas dan Kantor Kemenag setempat berkomitmen untuk menanamkan sikap toleransi kepada para generasi muda.

Salah satunya melalui kegiatan kembinaan kerukunan umat beragama yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kapuas Barat, diikuti siswa dan siswi SMK GKE Mandomai dan SMA 1 Mandomai pada, Selasa (2/5/2023).

Kegiatan itu dihadiri Ketua FKUB Kapuas KH Muchtar Ruslan, Kepala Kemenag Kapuas H Hamidhan, Sekretaris Kesbangpol Asy’ari, Camat Kapuas Barat Eddy Sucipto bersama sejumlah Kades dan unsur tripika setempat.

Ketua FKUB Kapuas KH Muchtar Ruslan dalam kegiatan pembinaan tersebut berpesan kepada para pelajar untuk selalu menjaga kerukunan dan hal ini bisa dimulai dengan generasi muda baik, bersama teman sebaya, keluarga maupun lingkungan sekitarnya.

"Sebab kalian-kalian inilah nantinya generasi muda yang akan merawat kerukunan di masa depan, maka tumbuhkanlah sikap toleransi diantara sesama," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kapuas H Hamidhan, mengharapkan kepada para pelajar sebagai penerus bangsa di masa depan, untuk bisa menjadi agen yang ikut menyampaikan pesan kepada teman sebaya tentang pentingnya toleransi dalam beragama serta memberikan pemahaman moderasi beragama.

"Karena mereka (pelajar) inilah yang akan menjaga, merawat serta mempertahankan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kapuas," kata H Hamidan.

Selain diberikan pembinaan kerukunan, dalam kegiatan tersebut juga dibarengi dengan tanya jawab dan games tentang kerukunan umat beragama sebagai penyemangat pelajar dalam mengikuti kegiatan.