Kominfo Pastikan Wapres Ma'ruf Amin Buka MTQ Nasional di Kalsel 

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, dijadwalkan akan membuka event Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional di Kalsel.

Wapres RI Ma'ruf Amin dijadwalkan membuka MTQ Nasional di Kalsel. Foto-Kompas

apahabar.com, BANJARBARU - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, dijadwalkan akan membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional di Kalsel. Pembukaan akan berlangsung di Astaka Kiram, Kabupaten Banjar, Rabu (12/10) pukul 20.00 Wita.

"Benar, positif Pak Wapres datang," ujar Humas Kominfo Kalsel, Puspa, via seluler. 

Kabar Wapres Ma'ruf Amin yang akan membuka MTQ Nasional juga dibenarkan Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Angga Satrya. Dia sendiri saat ini masih berada di lapangan untuk pengamanan jalur kedatangan RI 2.

"Iya, jadi datang," ucap Angga.

MTQ Nasional XXIX di Kalsel akan berlangsung di Banjar,  Banjarbaru, dan Banjarmasin. Event ini dilaksanakan dari 13 hingga 17 Oktober 2022. 

Ada sejumlah venue yang disediakan panitia. Di Banjar terdiri dari Masjid Al Karomah Martapura untuk cabang tilawah dewasa dan qiraat sab'ah mujjaawad. Kemudian, STAI Darussalam Martapura untuk cabang hifzil Qur'an, golongan 1 juz dan 5 juz.

Selanjutnya, Madrasah Darussalam Martapura untuk cabang khat golongan naskah dan hiasan mushaf, golongan dekorasi dan kontemporer.

Sementara Masjid Nurul Iman Martapura untuk cabang tilawah, golongan tartil, dan canet. Sedangkan Masjid Bambu KH Abdul Gadir Hasan di Kiram Park untuk cabang qiraat murottal remaja dan dewasa.

Sedangkan venue Banjarbaru adalah Gedung Idham Chalid di Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel, Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Aula Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Adapun venue di Banjarmasin berada di Masjid Jami Sungai Jingah untuk cabang hifzil Qur’an 10 juz dan 20 juz, serta Masjid Raya Sabilal Muhtadin untuk cabang hifzil Qur’an 30 juz.