Kaki Gunung Sindoro

Kolam Cinta, Berenang di Mata Air Alami Kaki Gunung Sindoro

Wisata alam di Temanggung punya Kolam Cinta. Airnya segar alami dari mata air kaki gunung Sindoro. 

Kolam Cinta Liyangan (Apahabar.com/Arimbihp)

apahabar.com, TEMANGGUNG - Wisata alam di Temanggung punya Kolam Cinta. Airnya segar alami dari mata air kaki gunung Sindoro.

Berenang bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan yang cocok dilakukan saat liburan untuk menghilangkan penat. Selain menyegarkan, berenang juga bisa menyehatkan dan membuat tubuh lebih bugar, terlebih jika dilakukan di kolam alami.

Salah satu kolam yang menarik untuk dikunjungi karena berasal dari mata air alami dan langsung dari sumbernya adalah Kolam Cinta yang berlokasi di kaki gunung Sindoro. 

Disebut demikian lantaran kolam tersebut jika dilihat dari atas atau samping menyerupai bentuk cinta atau jantung hati.

Baca Juga: Menelusuri Peradaban yang Hilang di Situs Liyangan Temanggung

Kolam Cinta berasal dari mata air yang berada di kaki gunung Sindoro yakni Embung Tempurung, oleh karena itu, tak heran jika air yang digunakan sangat dingin dan bersih.

Tak hanya airnya yang segar, Kolam Cinta juga memiliki daya tarik karena letaknya masih satu area dengan Situs Liyangan di Desa purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.

Sebagai informasi, di Liyangan juga terkenal karena keberadaan situs liyangan yang merupakan tempat penemuan candi liyangan.

Penjaga Kolam Cinta Liyangan, Hartono menuturkan, awalnya, kolam cinta dikelola sebagai sarana pendukung dari desa wisata situs Liyangan yang dibentuk pada 2012.

"Sampai sekarang juga dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan warga sekitar serta dibantu Dinas Pariwisata," kata Hartono, Selasa (25/7).

Baca Juga: Menikmati Sejuknya Curug Titang di Temanggung

Menurut dia, kolam tersebut sudah mengalami beberapa kali renovasi, yakni penambahan ubin dan beberapa gubuk untuk istirahat pengunjung.

"Ya sebagai alternatif wisata tambahan, setelah ke Liyangan, pengunjung bisa menyegarkan badan di Kolam Cinta ini," kata Hartono.

Menurut dia, kolam renang di kawasan ini terdiri dari tiga jenis kolam dengan luas dan kedalaman yang berbeda.

"Untuk kolam terbesar yang mempunyai bentuk seperti kacang memiliki kedalaman 1,5 meter, kolam berikutnya dengan desain hati memiliki kedalaman 0,7 meter dan yang paling kecil memiliki kedalaman 0,5 meter," ucap Hartono.

Mengingat letaknya berada di bawah Situs Liyangan, maka untuk mencapai kolam alam, pengunjung harus menuruni anak tangga dari bebatuan dan melewati hamparan kebun lombok.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, pengunjung yang ingin berenang di Kolam Cinta hanya perlu membayar Rp10.000 untuk anak-anak maupun orang dewasa.

"Ada juga kedai makanan dan minuman ringan, harganya mulai dari Rp5.000 bisa dibeli di dekat kolam sambil bersantai dan beristirahat di gubuk," kata dia.

Hartono mengatakan, pengunjung yang datang tak hanya dari wilayah Temanggung, bahkan beberapa justru dari mancanegara seperti Eropa dan Amerika.

"Biasanya ramai kalau akhir pekan dan tanggal merah, bisa sampai penuh atau antre," ujarnya.