Kalsel

Kodim 1010/Rantau Gelar Latnister untuk Babinsa

apahabar.com, RANTAU – Kodim 1010/Rantau menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2021 di Makodim setempat terhadap…

Oleh Syarif
Kodim 1010/Rantau menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2021. Foto-Istimewa

apahabar.com, RANTAU – Kodim 1010/Rantau menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2021 di Makodim setempat terhadap para Bintara Pembina desa (Babinsa) dan jajarannya.

Latnister ini digelar untuk meningkatkan kemampuan, dan wawasan kepada Babinsa, agar mampu dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai aparat kewilayahan.

Pjs Perwira Staf Operasi (Pasiops) Kodim 1010/Rantau Letda Inf Nurhardiansyah, menjelaskan, kegiatan yang diprogramkan oleh Komando Atas.

“Ini berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 15 sampai dengan 19 Maret 2021 mendatang,” ujarnya, Senin (15/3).

Lebih lanjut, untuk mekanisme latihan terdiri dari tiga tahap yaitu pertama peserta latihan diberikan pembekalan secara teori, praktek, serta peserta latihan langsung melaksanakan praktek di lapangan.

Tujuan dari Latnister yaitu untuk memelihara, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan.

“Serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa, agar dapat melaksanakan tugas dilapangan dengan baik," imbuhnya.

Dandim 1010/Rantau Letkol Inf Andi Sinrang, selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimulat) mengharapkan Kegiatan Latnister ini dapat meningkatkan kemampuan Babinsa khususnya di wilayah binaan serta dapat berperan aktif dalam percepatan pembangunan dan pendampingan.

“Babinsa adalah ujung tombak komando kewilayahan. Sehingga mereka tidak boleh tumpul, harus selalu diasah melalui latihan terprogram,” ungkapnya.

“Kalau Babinsa dapat memberikan energi positif dalam membantu pemerintahan desa, kami meyakini masyarakat desa binaan akan sejahtera,” katanya.