Kodim 1010 Tapin Resmi Gelar TMMD ke-122, Fokus Pembangunan Desa

Dalam rangka mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan, Kodim 1010/Tapin secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122, Rabu (2/10/).

Oleh Sandy
Dandim 1010 Tapin Letkol Arh Pryoni Palebangan bersama Aspem Kesra Tapin H. Zainal Abidin. Foto - Prokopim Setda Tapin.

bakabar.com, RANTAU - Dalam rangka mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan, Kodim 1010/Tapin secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122, Rabu (2/10).

Upacara pembukaan berlangsung di halaman Kantor Setda Tapin dihadiri berbagai pejabat penting, termasuk Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Hari Santoso dan Asisten Pemerintahan dan Kesra, H Zainal Abidin, sebagai Inspektur Upacara.

Pembukaan juga dihadiri Dandim 1010 Tapin Letkol Arh Pryoni Palebangan sebagai Komandan Satgas TMMD, bersama jajaran Forkopimda Tapin dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Penjabat Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, dalam sambutan yang disampaikan Zainal Abidin menyatakan bahwa TMMD adalah program yang strategis dalam mempercepat pembangunan, khususnya di daerah pedesaan.

Keterlibatan TNI dalam pembangunan desa tidak hanya menunjukkan komitmen terhadap pembangunan fisik, tetapi juga terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung program ini. Gotong royong dan sinergi antara TNI, pemerintah, dan masyarakat sangat penting agar pelaksanaan TMMD dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal," papar Zainal.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga keamanan dan ketahanan desa, dengan menekankan persatuan dan kerja sama antara masyarakat, TNI, dan pemerintah daerah.

Sementara, Dandim 1010/Tapin, Letkol Arh Pryoni Palebangan, selaku Dansatgas TMMD, memaparkan rencana pelaksanaan TMMD ke-122 yang akan berlangsung selama 30 hari, mulai 2 Oktober hingga 31 Oktober 2024.

Diketahui, program ini akan melibatkan 150 personel dari berbagai instansi dan fokus pada sejumlah proyek fisik di wilayah Tapin.

"Pembukaan badan jalan sepanjang 1.200 meter dengan lebar 6 meter, rehabilitasi 3 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan 3 unit TNI Manunggal Air Bersih (TMAB), pembangunan 3 unit MCK, penghijauan untuk ketahanan lingkungan dan pangan, dan rehabilitasi 1 mushola," jelasnya.

Letkol Arh Pryoni juga berharapan bahwa pelaksanaan TMMD ini dapat menciptakan desa yang mandiri, sejahtera, dan berdaya saing, serta memperkuat hubungan antara masyarakat dan TNI.

"Dengan semangat gotong royong, TMMD ke-122 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat persatuan di Kabupaten Tapin," tutupnya.

Acara ini turut dihadiri sejumlah pejabat penting lainnya, seperti Danrindam VI/Mlw Kolonel Inf Win Nindar, Kapolres Tapin AKBP Jimmy Kurniawan, Kajari Tapin Arya Wicaksana, serta berbagai perwakilan dari institusi militer dan sipil lain.