Tak Berkategori

Klaim Taliban, Kuasai Tiga Titik Penting Bandara Kabul Afganistan

apahabar.com, KABUL – Kelompok Taliban mengklaim tiga titik penting bagian militer Bandara Kabul Afganistan. Menyusul, batas…

FOTO: Ilustrasi Bandara Kabul Afganistas dari potret udara. Foto-Tempo.co

apahabar.com, KABUL – Kelompok Taliban mengklaim tiga titik penting bagian militer Bandara Kabul Afganistan.

Menyusul, batas waktu sampai 31 Agustus bagi Amerika Serikat (AS) dan sekutunya untuk menyelesaikan evakuasi.

“Hari ini, tiga lokasi penting di bagian militer bandara Kabul dievakuasi oleh Amerika dan berada di bawah kendali Imarah Islam,” kata juru bicara Bilal Karimi seperti dilansir AFP, Sabtu (28/8).

Meski demikian, Taliban mengakui sebagian lagi Bandara Kabul Afganistan, masih dibawah kendali Amerika. “Sekarang, (hanya) sebagian kecil tetap ada pada Amerika,” tambahnya.

Meski demikian, klaim itu dibantah Departemen Pertahanan AS. AS mengatakan Taliban tidak mengambil kendali atas operasi apa pun di Bandara Kabul.

Namun, ia AS mengaku adanya laporan bahwa gerakan yang sekarang menjalankan Afghanistan telah memasuki fasilitas yang dikendalikan militer AS.

“Mereka tidak bertanggung jawab atas gerbang mana pun, tidak bertanggung jawab atas operasi bandara. Itu masih di bawah kendali militer AS,” kata juru bicara Pentagon, John Kirby.

Seperti diketahui, bandara Kabul di Afghanistan sebelumnya diserang ledakan bom. Berdasarkan laporan, ratusan orang meninggal dan ratusan lainnya luka-luka atas kejadian ledakan bom tersebut.

Bertemu di Qatar, Menlu Retno Minta Taliban Jalankan Pemerintahan Inklusif dan Hak Perempuan