Kaleidoskop MMKSI 2022

Kiprah MMKSI di Indonesia pada 2022, Produk Baru hingga Digitalisasi

Perjalanan Mitsubishi Motors pada 2022 penuh tantangan dan berbagai kesempatan baru seiring dengan membaiknya pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Penampilan booth Mitsubishi Motors di GJAW 2023. Foto: dok. MMKSI

apahabar.com, JAKARTA - Perjalanan Mitsubishi Motors pada 2022 penuh tantangan dan berbagai kesempatan baru seiring dengan membaiknya pandemi Covid-19 dan pemulihan kondisi ekonomi serta pasar otomotif.

Di tahun 2022 pula, pasar otomotif hampir kembali ke level sebelum pandemi tahun 2019 dengan tembus 1 juta unit, tumbuh 17% dibandingkan 2021.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sebagai distributor kendaraan penumpang dan niaga Mitsubishi Motors di Indonesia berhasil memanfaatkan momentum pertumbuhan penjualan tahun lalu.

Sepanjang 2022, MMKSI berhasil menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 10,6%.

Baca Juga: Mobil Listrik Mitsubishi Minicab MiEV Bakal Diproduksi Secara Lokal

Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita mengatakan upaya perusahaan dalam meningkatkan brand, kualitas produk, dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia telah dirasakan dan direspons dengan capaian penjualan positif.

"Saya sangat antusias dan bersemangat melaksanakan tugas di MMKSI dan menyambut tahun fiskal 2023. Pengalaman pada tahun lalu menjadi motivasi dan referensi yang sangat berharga untuk kami meraih capaian yang lebih baik lagi," kata Kurita saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pada Januari - Desember 2022, pabrikan berlogo tiga berlian itu telah banyak memberikan inovasi untuk produk serta layanannya. Dari sisi produk mereka menghadirkan New Xpander Cross, dan New L300.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk kontribusi dalam mempercepat perkembangan mobil listrik di Indonesia, MMKSI juga memanfaatkan Minicab MiEV untuk melakukan studi bersama beberapa mitra dari perusahan lokal di Indonesia.

Baca Juga: Mitsubishi Siap Luncurkan SUV Kompak pada 2023, Wujudnya Begini

Pada 2022 Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terjual lebih dari 270.000 unit dalam 5 tahun, sejak 2017. Yang berarti rata-rata terjual 50.000 unit per tahun dengan pangsa pasar 25 – 30%.

Dari sisi layanan, MMKSI menambah total 4 diler baru, dan 2 fasilitas authorized Bodi & Cat dibuka di beberapa daerah di Indonesia selama tahun fiskal 2022.

Jadi pada akhir tahun fiskal 2022 telah terdapat total 167 diler untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan, serta 22 fasilitas authorized Bodi & Cat di Indonesia.

Selain itu, MMKSI juga terus mengembangkan fasilitas digital yang mendukung proses bisnis seperti My Mitsubishi Motors ID (MMID), MIRA, dan menghadirkan gerai suku cadang resmi di platform e-commerce.

Baca Juga: Menilik Strategi dan Target Mitsubishi Motors di Indonesia Tahun 2023

Dari sisi branding, mereka meluncurkan konsep branding baru yakni “Life’s Adventure”, dan kembali aktif di ajang motorsport dengan Xpander AP4 yang sukses menjuarai Asia Pasific Rally.

Kemudian Mitsubishi Triton dan Rifat Sungkar turun di ajang Asia Cross Country Rally bersama Mitsubishi Motors.

Terkait Corporate Social Responsibility (CSR), mereka mengemas 3 jenis kegiatan yaitu Mitsubishi Motors CSR Children Program (MCP), Mitsubishi Motors CSR Education Program (MEP), dan Mitsubishi Motors CSR Humanity Program (MHP).

Pada MCP, MMKSI merayakan Hari Anak Nasional bersama dengan anak-anak di panti asuhan bertajuk “Aksi Gembira” pada 23 Juli 2022.

Baca Juga: Semarang Tuntaskan Roadshow Mitsubishi XFC Concept, Ada di Mall Ini

Kemudian mereka memberikan bantuan berupa set alat pembelajaran jarak jauh, kebutuhan pokok, dan sejumlah peralatan kesehatan.

Selain itu MMKSI juga melaksanakan “Mitsubishi Motors Kids Life’s Adventure Park” pada November 2022, dengan konsep fun-edutainment yang menyenangkan dan menghibur melalui taman bermain yang edukatif.

Untuk MEP, selama tahun 2022 mereka telah memberikan total 17 unit - kepada 17 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, untuk dimanfaatkan sebagai kendaraan praktikum.

MMKSI juga memberikan pembekalan Mitsubishi Service Technician Education Program 1 (M-STEP 1) kepada total 150 siswa dari 10 SMK Jurusan Mekanik di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Catat Kinerja Positif, Bos Baru MMKSI Siap Jaga Momentum Pertumbuhan pada 2023

Sementara untuk MHP, MMKSI telah memberikan bantuan kepada penyintas bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, baik berupa temporary shelter dan MCK, kebutuhan pokok, maupun post-disaster edutainment kepada kepada anak-anak.

Memanfaatkan momen Ramadan, MMKSI memberikan hadiah untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, kepada para penghuni dan pengurus panti wreda, serta berdonasi dalam bentuk kebutuhan pokok untuk operasional panti.

Proses penyaluran donasi ini dilakukan oleh MMKSI pada 28 April 2022 lalu kepada dua panti wreda di Tangerang.