Pemkab Banjar

Kian Inovatif, Waserda Manis Mandar Sari Resmi Beroperasi

apahabar.com, MARTAPURA – Banyak kegiatan inovatif yang dikembangkan Kelurahan Mandar Sari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar,…

Peresmian Waserda Manis, Kelurahan Mandar Sari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, oleh Camat Kertak Hanyar Yudi Andrea STTP, MH dan Lurah Mandar Sari Nuri Ansari STTP, MSi, Selasa (28/12/2021). Foto-apahabar.com/Istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Banyak kegiatan inovatif yang dikembangkan Kelurahan Mandar Sari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, dalam rangka mengembangkan unit pelayanan kepada warga sekitar.

Jika sebelumnya di sana tersedia tempat penukaran botol bekas plastik yang dikelola Bank Daur’s, jadi pernak pernik rumah tangga hingga kursi dan meja, maka kini Kelurahan Mandar Sari juga punya warung serba ada.

Warung Serba Ada Mandar Sari Ingin Sejahtera (Waserda Manis) namanya. Barusan Waserda Manis yang tempatnya persis beririsan dengan kantor Kelurahan Mandar Sari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, diresmikan beroperasi, Selasa (28/12/2021).

Peresmian Waserda Manis, Kelurahan Mandar Sari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, oleh Camat Kertak Hanyar Yudi Andrea STTP, MH dan Lurah Mandar Sari Nuri Ansari STTP, MSi, Selasa (28/12/2021). Foto-apahabar.com/Istimewa.

Peresmian Waserda Manis Kelurahan Mandar Sari dilakukan langsung oleh Camat Kertak Hanyar, Yudi Andrea, SSTP, MH.

Waserda Manis Mandar Sari sendiri merupakan salah satu unit usaha, fokus menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari masyarakat, sekaligus mengenalkan produk Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) rumah tangga warga Mandar Sari.

Waserda Manis dibentuk berdasarkan prinsip tolong menolong, namun dalam pengelolaannya tidak kalah bersaing dengan bisnis retail lainnya, baik hal kualitas produk dan sistem pelayanan.

Bahkan, harga yang diberikan memiliki dua macam kemudahan. Ada yang di sebut dengan harga tebus murah, yakni pembelian menggunakan voucher. Menariknya, voucher yang didapat dari Bank DAUR's (khusus anggota nasabah Bank DAUR's).

Sementara itu, ada lagi sistem bayar tunai. Jadi, masyarakat bukan anggota Bank DAUR’s juga bisa belanja di Waserda Manis Mandar Sari dengan uang tunai langsung dengan harga relatif murah.

“Tujuannya sebenarnya untuk melayani kebutuhan sandang, pangan dan tersier masyarakat Mandar Sari serta dapat mengakomodir pemasaran produk UKM hasil olahan rumah tangga warga Mandar Sari,” kata Lurah Mandarsari Nuri Ansari STTP, MSi didampingi Sekretaris Lurah, M Lutfi Sasmila Wardana, usai peresmian, Selasa.

Selain kebutuhan pokok yang dijual di sana, juga tersedia minyak goreng, pasta gigi, sabun cuci dan mandi, serta lainnya.

“Ke depan rencananya tersedia juga pembelian token listrik dan pulsa,” ujar alumni SMAN 1 Martapura angkatan 2002 ini.

Disamping peresmian Waserda Mandar Sari, hari ini tadi juga digelarMusrenbang TA 2022.

Selain itu diresmikan Sekretariat PKK Mandar Sari dan Sekretariat Karang Taruna Purna Praja.

Inspiratif! Sederet Inovasi dari Bahan Bekas Plastik Jadi Bernilai ala Kelurahan Mandar Sari