Ketum PSSI Harapkan Wasit yang Lolos Seleksi Bisa Jaga Komitmen

Erick Thohir selaku ketua umum (Ketum) PSSI meminta agar para Wasit Liga 1 dan Liga 2 yang terpilih untuk musim 2023/2024 bisa terus menjaga komitmen.

Erick Thohir beserta jajaran PSSI saat konferensi pers di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Kamis (22/6). - (apahabar.com/rafi)

apahabar.com, JAKARTA - Erick Thohir selaku ketua umum (Ketum) PSSI meminta agar para Wasit Liga 1 dan Liga 2 yang terpilih untuk musim 2023/2024 bisa terus menjaga komitmen.

"Hari ini kita sudah mendapatkan wasit-wasit hasil seleksi ketat yang melibatkan pengawas dari JFA. Saya berharap 18 wasit di Liga 1 dan 24 wasit di Liga 2 yang dinyatakan lolos, mampu menjaga amanah yang diberikan, mau menjadi bagian dari yang sama-sama kita inginkan, siap menjalani sumpah, dan berkomitmen penuh agar sepakbola kita dihargai," kata Erick Thohir di Jakarta, Kamis (22/6).

Beberapa hari kebelakang, PSSI memang tengah melakukan upaya pembenahan di sektor wasit. Sebab menurut Erick, aspek wasit menjadi krusial karena harus bersikap jujur, bersih, dan adil.

Selama ini, wasit Liga memang kerap kali menjadi sorotan lantaran keputusan-keputusan yang terkadang dinilai kontroversial.

Maka, dalam upaya mentransformasi sepakbola Indonesia, PSSI pun sampai menjalin kerja sama dengan federasi sepakbola Jepang/Japan Football Association (JFA) untuk urusan perwasitan.

Untuk bantuan dari JFA, mereka mengirimkan Yoshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Amateur Referees Manager) yang bertindak sebagai instruktur dan pengawas.

Langkah ini diharapkan Erick mampu menjadi solusi untuk perbaikan dari aspek pengadil lapangan di Liga 1 dan Liga 2.

Selain itu, Ia juga berharap dengan naiknya level kepiawaian para wasit, ini menjadi harapan agar sang pengadil bisa lebih sering mendapatkan jam terbang.

Sebab menurutnya ini menjadi penting karena berkaitan dengan kesejahteraan wasit itu sendiri.

"Dengan sering meniup, maka pendapatan akan bertambah dan otomatis kesejahteraan naik sehingga akan sulit diintervensi,"

Sebelumnya, Erick Thohir juga sudah menjalin kera sama dengan pihak jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan (BPJS) agar kesejahteraan wasit di Indonesia bisa lebih baik.

"Selain ini, kami juga memperhatikan hal-hal lain, seperti BPJS Ketenagakerjaan demi jaminan kesehatan dan rasa aman saat bertugas. Wasit akan kita jaga dan diperhatikan karena ini penting untuk mengurangi polemik yang terjadi di masa lalu," lanjutnya.

Seleksi wasit dan asisten wasit di tahun 2023/2024 melalui tiga tahap tes, yakni Fitness Test FIFA Kategori 2, Video Test, LOTG Tes.

Seleksi yang digelar tanggal 15-16 Juni 2023 diikuti 161 wasit dan 2 asisten wasit FIFA, dan 1 wasit AFC Elite Referee. Dari 55 wasit Liga 1 2022/2023 yang ikut serta dalam test, terdapat 27 wasit lulus test, ditambah 1 wasit AFC Elite Referee. Dimana 18 peringkat teratas memenuhi kuota Liga 1, sisanya akan bertugas di kursi kuota Liga 2 pada peringkat 15-24.

Sementara itu, dari 107 wasit Liga 2 yang ikut serta dalam test, terdapat 54 wasit yang lolos test. Dimana peringkat 1-14 menempati kuota kursi Liga 2 2023/2024.

Daftar Wasit Liga 1 Yang Lolos Seleksi:

1. Thoriq M Alkatiri - Bandung

2. Yudi Nurcahya - Bandung

3. Choirudin - Bantul

4. Naufal Adya Fairuski - Bandung

5. Zetman Pangaribuan - Jakarta Pusat

6. Armyn Dwi Suryathin - Lubuklinggau

7. Heru Cahyono - Jakarta Selatan

8. Abdul Aziz - Ciamis

9. Bangkit Sanjaya - Lampung Timur

10. Nendi Rohaendi - Bandung

11. Agus Fauzan Arifin - Sleman

12. Aidil Azmi - Banda Aceh

13. Gedion Dapaherang - Jakarta Timur

14. Ginanjar Rahman Latief - Kab. Bandung

15. M Erfan Efendi - Surabaya

16. Asep Yandis - Karawang

17. Ryan Nanda Saputra - Bandung

18. Rio Putra Permana - Pekan Baru