Timnas U-20

Ketum PSSI Akui Timnas U-20 Belum Kuat di Mini Turnamen Internasional

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengakui bahwa Timnas U-20 kemungkinan tidak bisa tampil maksimal di mini turnamen internasional.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) diskusi dengan pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong (kanan) saat latihan Timnas U-20. (Foto: apahabar.com/Bambang)

apahabar.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengakui bahwa Timnas U-20 kemungkinan tidak bisa tampil maksimal di mini turnamen internasional yang digelar pada 17-22 Februari 2023 mendatang.

Hal itu dikatakan Iriawan mengingat Timnas U-20 belum bermain secara kompak, sehingga memungkinkan hasil turnamen yang diikuti empat negara itu tidak terlalu menggembirakan.

“Saya sudah berdiskusi dengan pelatih Shin Tae-yong. Menurut Shin, hasil turnamen itu kemungkinan tidak terlalu menggembirakan karena pemain belum terlalu kompak,” ujar Iriawan saat meninjau latihan Timnas U-20 di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/2) siang.

Dirinya juga menjelaskan penyebab belum terjalinnya kekompakan dalam skuat Garuda Nusantara terjadi karena beberapa pemain baru bergabung dari klub, sehingga masih membutuhkan adaptasi untuk menyesuaikan pemain lain yang sudah berlatih sejak 1 Februari lalu.

Baca Juga: PSSI Upayakan Mini Turnamen Internasional U-20 Digelar di SUGBK

Para pemain yang menyusul bergabung dengan tim asuhan STY adalah Afriyanto Nico, Dony Pamungkas, Kakang Rudianto dan Ferdiansyah Cecep.

Selain itu, kualitas Timnas U-20 juga masih belum maksimal karena tiga pemain andalan Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, dan Muhammad Ferarri masih belum hadir di latihan jelang dua hari mini turnamen digelar.

Irawan menyebut bahwa PSSI masih menunggu kabar dari  Marselino yang kini berada di Belgia untuk membela KMSK Deinze. Sementara Muhammad Ferarri masih diperlukan untuk memperkuat Persija Jakarta.

Selain itu, Ronaldo kini tengah berada di Turki untuk menjajaki peluang berkarier di salah satu klub di negara tersebut. Namun Iriawan memastikan bahwa Ronaldo akan kembali ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Baca Juga: Jelang Arsenal Vs Man City,Pep Guardiola: Let's Fight!

“Untuk Ronaldo, ada kabar gembira. Kemungkinan dia bisa segera bergabung setelah mendarat di Indonesia besok,” ujar pria yang akrab dipanggil Iwan Bule itu.

Selain tiga nama pemain yang belum bergabung pemusatan latihan Timnas U-20, kiper Cahyadi Supriadi kembali ditarik oleh Persija jelang lawa kontra Bhayangkara FC, Kamis (16/2).

Mini turnamen internasional U-20 akan berlangsung sejak 17 hingga 22 Ferbuari 2023 dan diikuti oleh empat negara yaitu Fiji, Guatemala, dan Selandia Baru.

Turnamen itu diadakan sebagai rangkaian uji coba Timnas U-20 untuk persiapan menjelang berlaga di Piala Asia U-20 2023 pada 1-18 Maret di Uzbekistan.