Pemkab Tabalong

Ketua STIA Dilantik, Begini Harapan Pemkab Tabalong

Ahmad Harahap dilantik sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Tabalong periode 2023 - 2027 menggantikan Jauhar Arifin.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tabalong, Febriadin Hafiz, saat membacakan sambutan bupati. Foto - Prokopim Setda Tabalong

apahabar.com,TANJUNG - Ahmad Harahap dilantik sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Tabalong periode 2023-2027 menggantikan Jauhar Arifin.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Yayasan Banua Saraba Kawa Tabalong, H Arifin Noor, di Aston Tanjung City Hotel, Senin (8/5). 

Terkait hal tersebut, Pemkab Tabalong berharap STIA Tabalong mampu bersaing dengan perguruan tinggi swasta maupun negeri lainnya.

"Kita berharap ketua yang baru mampu membawa perubahan kepada STIA Tabalong, terlebih dengan pengalaman yang dimiliki,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tabalong, Febriadin Hafiz, saat membacakan sambutan Bupati Anang Syakhfiani.

Hafiz bilang peran pemimpin menjadi kunci keberhasilan perguruan tinggi, sehingga menghasilkan lulusan terbaik yang dapat memberikan nilai tambah bagi pembangunan nusa dan bangsa khususnya di Tabalong.

“Ketua harus menjadi panutan, apa yang diucapkan adalah apa yang dikerjakannya," ingatnya.

"Mereka harus mampu meramalkan minimal 10 tahun apa yang akan terjadi dan dia mengerti posisinya sudah berada di mana, lalu akan dibawa ke mana," sambungnya.

Kata Hafiz, dalam memprediksikan harus akurat sehingga pandangan tersebut dapat memutuskan strategi yang tepat dalam memobilisasi, mengelola sumber daya yang dimiliki.

“Jadi seorang pemimpin harus mampu memobilisasi dan menggerakkan gerbong sekolah tinggi yang dipimpinnya ke sebuah titik yang menjadi tujuan,” harapnya.

Selain itu, Hafiz, meminta kepada Ketua STIA Tabalong untuk memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni.

"Saya harap Ketua STIA Tabalong dapat membuat ide-ide dan gagasannya, baik kepada seluruh sivitas akademika maupun di stakeholder terkait," pungkasnya.