Hot Borneo

Ketua KPU Tapin Tanggapi Isu Penundaan Pemilu 2024

apahabar.com, RANTAU – Ketua KPU Tapin, Hj. Henny Hendriyanti, menanggapi isu penundaan Pemilu. Dia menyampaikan hingga…

Ketua KPU Tapin, Hj Henny Hendriyanti. Foto – apahabar.com/Sandy

apahabar.com, RANTAU – Ketua KPU Tapin, Hj. Henny Hendriyanti, menanggapi isu penundaan Pemilu. Dia menyampaikan hingga kini pihaknya belum menerima informasi terkait adanya penundaan itu.

“Kami belum ada mendengar kabarnya lagi,” ujarnya saat dihubungiapahabar.commelalui WhatsApp, Kamis (24/3) sore.

Hingga kini dia juga masih menunggu perkembangan terbaru. Tapi dia memastikan akan akan tetap berpegang pada konstitusi.

Di sisi lain, Henny justru menyampaikan pihaknya sudah menerima surat keputusan dari KPU RI No 20 tahun 2022 tentang hari dan tanggal pemungutan suara, yakni pada 24 Februari 2024.

“Sampai saat ini kami pun masih menunggu juga. Namun hari penetapan sudah diluncurkan dan ditetapkan. Jadi, setuju tidak setuju sebagai lembaga yang hirarki dan patuh dengan UU semuanya kami laksanakan,” jelasnya.

Sementara terkait tahapan dan programserta jadwal pelaksanaan Pemilu 2024, KPU Tapin juga menunggu.

“Masih dalam bentuk draft. Belum disahkan. Informasi terakhir menunggu pelantikan KPU RI yang baru nanti,” ujarnya.

“Mudahan dalam waktu dekat, peraturan tersebut sudah diterbitkan sehingga bisa disosialisasikan kepada partai politik dan masyarakat,” harap Henny.

Sebelumnya, wacana penundaan penyelenggaraan Pemilu 2024 masih bergulir di tengah masyarakat. Wacana itu dilontarkan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan didukung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan serta Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Mereka menyampaikan keterangan publik agar pemilu 2024 ditunda dengan alasannya masing-masing.