Spooring Dan Balancing

Ketahui Pentingnya Spooring dan Balancing Mobil sebelum Mudik Lebaran

Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023, disarankan untuk mengecek kendaraan seperti pada kaki-kaki yakni spooring dan balancing pada mobil.

Pentingnya spooring dan balancing sebelum mudik Lebaran 2023. (Foto:apahabar.com/Aditama)

apahabar.com, JAKARTA - Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023, disarankan untuk mengecek kendaraan seperti pada kaki-kaki yakni spooring dan balancing pada mobil.

Sspooring berfungsi untuk menjaga keselarasan kemudi dan kestabilan berkendara, sementara balancing diperlukan agar roda dapat berputar sempurna dengan mengurangi getaran dan suara bising.

"Kalau spooring dan balancing itu lebih ke kenyamanan berkendara dan keamanan. Jadi untuk melakukan hal itu sebelum mudik itu wajib," ujar Kepala Bengkel Nawilis Ban, Ardiyana saat ditemui apahabar.com di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (10/4).

Baca Juga: Jelang Lebaran, Cek Daftar Harga Motor Bekas Rp7 Jutaan untuk Mudik

Menurut Ardiyana, kebiasaan orang-orang mengganti ban sebelum mudik merupakan alasan utama mengapa spooring dan balancing wajib dilakukan.

"Jadi setelah mengganti ban, wajib dilakukan spooring dan balancing supaya setinggan ban kembali pas," imbuhnya.

Meski begitu, ia mengakui ada pula orang yang hanya melakukan spooring dan balancing sebelum mudik tanpa mengganti ban.

"Kalau spooring, kita itu penyetelan ban, ada sudut chamber, two in dan two out lalu di cek kaki-kakinya juga," tukasnya.

Baca Juga: Catat! Titik Rest Area di Tol Trans Jawa yang Bisa Disinggahi Pemudik

Sedangkan untuk balancing sendiri dibagi menjadi dua dengan kategori yang berbeda.

"Kalau disini ada dua jenis balancing. Balancing biasa dan finish balance. Kalau balancing biasa dari kecepatan 100km/h ke bawah, nah yang satu lagi untuk 100km/h keatas yang biasa dipake di tol," terangnya.

Manfaat Spooring dan Balancing

Untuk manfaat spooring dan balancing sendiri ada beragam seperti agar bannya tidak mudah termakan usia, mengembalikan sudut-sudut ke setelan pabrik dan biar keempat roda mobil sama atau selaras.

"Kalau balancing itu biar ban tidak getar, rata dan tidak bergelombang," jelasnya.

Baca Juga: Tips Menyusun dan Membawa Barang di Bagasi Mobil agar Mudik Nyaman

Ia mengatakan terkait kisaran harga spooring dan balancing itu berbeda-beda tergantung merek dan model kendaraan.

"Mobil itu biasanya di spooring atau balancing tiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Tapi akan lebih bagus jika dilakukan sebelum enam bulan," pungkasnya.