Pemkab Tabalong

Kerjasama Pengembangan dan Pelaksanaan Tridharma, UIN dan Pemkab Tabalong Teken Nota Kesepahaman

Pemerintah Kabupaten Tabalong menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Mujiburrahman, menunjukan nota kesepahaman yang telah ditandatangani. Foto - Prokopim Setda Tabalong.

apahabar.com, TANJUNG - Pemerintah Kabupaten Tabalong menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin terkait pengembangan dan pelaksanaan Tridharma. Kerjasama diwujudkan dengan penandatangan nota kesepahaman, yang diteken  Bupati H Anang Syakhfiani bersama Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Mujiburrahman.

Penandatangan nota kesepahaman tersebut dilakukan di Pendopo Bersinar, Kelurahan Pembataan, Murung Pudak, Tabalong, Kamis (8/6).

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, mengatakan, bentuk kerjasama yang dilakukan meliputi Tridharma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa dengan praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"Kita akan bekerjasama di Tridhrmanya UIN Antasari, pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sudah lama mahasiswa UIN tidak KKN di sini untuk pengabdian masyarakat," terangnya.

Anang mengatakan pihaknya akan merencanakan serta menugasbelajarkan para guru dan pegawai pemerintahan untuk mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Untuk pendidikan S3 umum sudah saya tawarkan kepada guru-guru dan mudahan-mudahan nanti ada yang kita S3-kan ke UIN," sebutnya.

Sementara Rektor UIN Antasari Mujiburrahman mengatakan, pihaknya berkepentingan mengajak semua stake holder bekerja sama untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Tabalong ini adalah daerah penyangga IKN, tentu sangat membutuhkan pengembangan SDM, karena itu saya kira UIN bisa turut serta berpartisipasi," ucapnya.

"Melalui nota kesepahaman tersebut juga dapat mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tabalong yang bisa ditawarkan oleh lembaga pendidikan," tandasnya.