Tak Berkategori

Kebakaran Tiga Hari Berturut-turut di Batola, Lalap 3 Rumah di Rantau Badauh

apahabar.com, MARABAHAN – Dalam tiga hari berturut-turut, kebakaran terjadi di Barito Kuala. Terakhir terjadi di Desa…

Kondisi rumah Siti Kamsinah yang mengalami kebakaran sekitar pukul 01.00 Wita, Kamis (23/9) dini hari. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Dalam tiga hari berturut-turut, kebakaran terjadi di Barito Kuala. Terakhir terjadi di Desa Sungai Bamban RT 02, Kecamatan Rantau Badauh, Kamis (23/9) dini hari.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 01.00 Wita tersebut membuat rumah yang ditempati Siti Kamsinah (62) rusak 100 persen.

Di dalam rumah kayu itu, Siti Kamsinah tinggal bersama kedua anaknya, Muhammad Arbani dan Nor Ipansyah yang sudah berkeluarga.

Tak cuma menghanguskan sejumlah perabot dalam rumah, dua sepeda motor milik anak Siti Kamsiah dan 250 blek gabah kering juga ikut terbakar lantaran tak sempat dibawa keluar.

Siti Kamsinah sendiri mengalami luka bakar di bagian kepala dan lengan kanan.

Api juga melalap 60 persen rumah milik Basmi yang bertetangga dengan Siti Kamsinah, serta 20 persen kediaman Anang Armarni.

Total terdapat 5 rumah yang terdampak kebakaran tersebut. 2 rumah lain yang ditempati keluarga Fahrurrazi dan Muhammad Imam Ari, mengalami kerusakan tidak lebih dari 20 persen.

“Api diketahui berasal dari rumah Siti Kamsinah dan diketahui korban sudah membakar dinding kamar,” jelas Kapolres Batola, AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif, melalui Kapolsek Rantau Badauh Ipda Ma’rum.

“Selanjutnya Muhammad Arbani langsung ke kamar dan membawa korban keluar rumah, sembari meminta tolong kepada warga sekitar,” imbuhnya.

Tak lama berselang, warga mulai berdatangan disusul barisan pemadam kebakaran terdekat. Api akhirnya dapat dikendalikan sekitar pukul 01.20 Wita.

Sementara total kerugian dari kebakaran tersebut diestimasi mencapai Rp345 juta. Kerugian terbesar dialami keluarga Siti Kamsinah senilai Rp250 juta.

“Api diduga kuat disebabkan korsleting listrik yang berasal dari kipas angin,” tandas Kapolsek Rantau Badauh.

Kebakaran di Desa Sungai Bamban merupakan kejadian ketiga dalam tiga hari terakhir di Bumi Selidah.

Sebelumnya 3 rumah di RT 03 Desa Anjir Seberang Pasar II, Kecamatan Anjir Pasar, luluh lantak dilalap si jago merah, Rabu (22/9) dini hari.

Sementara dua hari sebelumnya, kebakaran yang melanda di Gang Salatiga, Kelurahan Marabahan Kota, Kecamatan Marabahan, Selasa (21/9) dini hari, menghanguskan 3 rumah.