Tak Berkategori

Ke Loksado, Paman Birin Panen Padi Gogo

apahabar.com, KANDANGAN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melakukan panen raya di Lahan Padi Gogo, Desa…

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat panen padi di Desa Lumpangi Kecamatan Loksado, Kamis (28/3). Humas Setda HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melakukan panen raya di Lahan Padi Gogo, Desa Lumpangi Kecamatan Loksado, Kamis (28/3). Padi gogo adalah padi yang ditanam di tanah kering dan bukan sawah yang tergenang air.

Selain memanen, Paman Birin sapaan akrab gubenur, juga menanam pohon di sekitar area panen. Ada juga bantuan berupa Cultivator, mesin perontok padi, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan bibit tanaman.

Baca Juga:HSS Tuan Rumah Rakerda DHD 45, Bupati: Tepat, Kandangan Kota Kelahiran Pahlawan

“Kita patut bersyukur, pembangunan di bidang pertanian Kalsel terus berjalan dengan baik.
Selain itu pembangunan di bidang ketahanan pangan terus dimantapkan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, di 2017 luas panen padi sekitar 569 ribu Hektare (Ha). Sedangkan di tahun 2018 luas panen mencapai 577 ribu Ha lebih.

“Produksi padi mampu mencapai 2,4 juta ton bahkan hingga saat ini Kalsel masih menempati urutan ke-10 sebagai provinsi penyangga beras nasional,” katanya.

Birin mengajak para petani untuk terus berjuang. Jangan ragu-ragu untuk terus bekerja dan berkarya di sektor pertanian.

Pemerintah kata Birin bersama Kabupaten Kota akan melakukan upaya maksimal dalam mendukung petani mengembangkan usaha pertaniannya.

“Keseriusan pemerintah juga diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat petani yang secara langsung menjadi ujung tombak pembangunan bidang pertanian dan ketahanan pangan,” tuturnya.

Birin juga meminta untuk mempertahankan prestasi banua sebagai salah satu provinsi penyangga produksi padi atau beras nasional.

Momen panen padi kali ini menjadi momentum pentingnya memacu semangat dalam meningkatkan produksi padi.

Diketahui, padi yang dipanen merupakan padi gogo varietas buyung, yaitu buyung kuning dan buyung merah seluas 15 Ha.

Ruslan, Ketua Kelompok Tani Wana mengatakan saat ini anggotanya kurang lebih 200 di Desa Lumpangi. Panen ini yang pertama setelah menanam sekitar November 2018 lalu dengan luas lahan sekitar 400 Ha.

Dalam panen raya, gubernur tampak didampingi Pj.Sekretaris Daerah HSS Hubriansyah, Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel Samsir Rahman, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Dahnial Kifli serta Dinas Pertanian Kabupaten HSS.

Baca Juga:Bupati HSS Lepas Kontingen POPDA

Reporter: Ahc01
Editor: Fariz F