Politik

Kaum Hawa Dominasi Jumlah Pemilih di Pilbup Banjar

apahabar.com, MARTAPURA – Ada yang menarik di Pemilihan Bupati (Pilbup) Banjar 2020. Daftar pemilih tetap (DPT)…

Daftar pemilih tetap (DPT) sementara di Pilbup Banjar 2020 didominasi oleh kaum hawa. Foto-ilustrasi: Kompas.com

apahabar.com, MARTAPURA – Ada yang menarik di Pemilihan Bupati (Pilbup) Banjar 2020. Daftar pemilih tetap (DPT) sementara rupanya didominasi oleh kaum hawa.

Ini diketahui setelah KPU Kabupaten Banjar menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Pilkada Kabupaten Banjar 2020, di Ballrom Hotel Rodhita Banjarbaru, Senin (12/10).

Dari DPT sementara, KPU Banjar menetapkan 389.993 orang pemilih. Pemilih laki-laki 190.504 orang. Sementara pemilih perempuan 194.089 orang.

Jumlah antara DPT laki-laki dan perempuan selisih 3.585 orang lebih banyak pemilih laki-laki.

Jumlah total DPT tersebut tersebar di 20 kecamatan dengan 290 kelurahan/desa se-Kabupaten Banjar.

Di masa pandemi ini, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) bertambah. Menjadi 1.273 TPS, guna mengurangi kerumunan.

Ketua KPU Kabupaten Banjar, Muhaimin berterima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras dalam pengumpulan data, pencocokan dan penelitian (coklit) sampai pada pleno hari ini.

“Kita semua berharap agar proses dalam tahapan Pilkada Banjar 2020 berjalan lancar sampai hari pemilihan nantinya pada 9 Desember,” harap Muhaimin.

Muhaimain menambahkan tahapan selanjutnya setelah penetapan daftar pemilih tetap adalah masa untuk daftar pemilhan tambahan dengan menunggu regulasi baru.

“Kami sangat yakin akan validitas data ini, karena memang telah dilakukan secara akuntabel dan transparan,” jelas Muhaimin.

Data pemilih ini, kata ketua KPU Banjar, diproses secara berjenjang oleh PPS. Baru kemudian PPK Kecamatan, hingga kabupaten.

“Proses berjenjang ini telah dilaksakan pencermatan oleh pengawas pemilu,” Jelas Muhaimin.

Pada rapat pleno tersebut juga dihadiri Komisioner Bawaslu Banjar, Kepala Kesbangpol Banjar, Kadisdukcapil, Perwakilan Polres Banjar, perwakilan Kodim 1006 Martapura, perwakilan Kejaksaan Negeri, perwakilan PPK se-Kabupaten Banjar dan tim kampanye dari pasangan calon Pilkada Banjar 2020.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Pilkada Kabupaten Banjar 2020, di Ballrom Hotel Rodhita Banjarbaru, Senin (12/10). Foto-Istimewa