Sasis Bus

Kata Sopir Bus Soal Sasis Hino, Mercy dan Scania, Mana yang Nyaman?

Penggunaan rangka atau dikenal dengan nama sasis menjadi bagian paling penting pada bus, yang berfungsi untuk menopang bodi pada sebuah armada.

Bus Damri di Terminal Bus Pasar Minggu (Foto: apahabar.com/Regent)

apahabar.com, JAKARTA - Penggunaan rangka atau dikenal dengan nama sasis menjadi bagian paling penting pada bus, yang berfungsi untuk menopang bodi pada sebuah armada.

Ada beberapa sasis terkenal yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Hino, Mercedes-Benz, hingga Scania yang semuanya memiliki keunggulan masing-masing.

Roby Kuswara, seorang pengemudi bus di instansi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI membagikan pengalamannya. Menurut dia, setiap sasis bus memiliki karakteristiknya masing- masing.

"Untuk Hino itu selain tangguh juga perawatannya murah, dan mesinnya itu lincah. Untuk iklim tropis di Indonesia itu juara Hino," ujar pria yang telah belasan tahun mengarungi dunia bus kepada apahabar.com, Selasa (18/7).

Baca Juga: Hino Jadi Merek Kendaraan Niaga Pertama yang Raih Sertifikat TKDN

"Jadi kesimpulannya dia seperti 'mesin perang', karena perawatannya yang mudah itu, dan lebih bandel dari sasis lain," sambungnya.

Sementara sasis bus Mercedes-Benz (Mercy), menurut dia unggul di bagian atau fitur yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan. Namun, tarikan bus dari Mercy cenderung pelan.

"Sedangkan kalau untuk Mercy onderdil mahal, daya tahannya juara, tetapi tarikan mesinnya lemot, dengan catatan mesin standar atau belum dioprek ya,"  ungkapnya.

Baca Juga: Hino Indonesia Ubah Nama Lini Produk, Makin Perkuat Identitas Global

Baca Juga: Mercedes-Benz Rilis 4 Model Mobil Baru, Termasuk 2 Kendaraan Listrik

Terakhir, untuk Scania, ia mengaku penggunaannya memiliki keunggulan dari sisi pengereman yang lebih aman. Namun, sejauh yang diketahuinya, sasis dari Scania cukup mahal, sehingga DPR-RI pun belum memilikinya hingga saat ini.

"Scania tidak jauh beda seperti Mercy. Mahal, jarang yang memakai. Kecuali seperti Busway. DPR aja belum punya Scania, paling ya seperti PO bus yang besar aja," pungkasnya.

Sasis Bus Hino

Melansir situs resmi Hino Indonesia, berikut adalah beberapa sasis bus Hino yang dijual di Indonesia:

- AK240 STD - Euro4

- RK280 STD - Euro4

- RK280 ABS - Euro4

- RM280 STD - Euro4

- RM280 ABS - Euro4